Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

YLKI Ajak Gunakan Produk Dalam Negeri

Selasa 12 Aug 2014 11:30 WIB

Rep: Elba Damhuri/ Red: Nidia Zuraya

Konsumen/ilustrasi

Konsumen/ilustrasi

Foto: IST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemakaian produk Indonesia harus menjadi perhatian semua komponen bangsa di tengah membanjirnya produk-produk impor. Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengajak masyarakat untuk lebih memilih membeli dan menggunakan produk-produk Indonesia.

Kualitas dan layanan produk-produk dalam negeri pun, kata Tulus, tidak kalah bersaing dengan produk-produk asing. "Malah, banyak keuntungan yang bisa diraih jika membeli produk-produk anak bangsa," kata Tulus dalam perbincangan dengan Republika, baru-baru ini.

Apalagi, tidak sedikit produk-produk Indonesia pun telah mendunia, dipasarkan di lebih puluhan negara. Menurut Tulus, ini menunjukkan bahwa dunia saja mengakui mutu dan daya tahan produk-produk buatan nasional.

Tulus mengakui masih ada masalah terkait keengganan sebagian masyarakat untuk membeli produk-produk lokal. Ia memberi contoh persoalan gaya hidup dan jebakan merek ternama.

Ada konsumen yang memang merasa lebih hebat jika membeli produk-produk branded asing. Kata Tulus, status sosial lebih tinggi jika menggunakan produk-produk branded ternama.

YLKI menganggap ini sebagai tantangan produsen nasional agar bisa bersaing sehingga mendapat tempat di hati konsumen kelompok ini. YLKI percaya produsen Indonesia mampu menjawab keinginan konsumen karena untuk beberapa produk mereka bisa membuktikan itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA