Senin 11 Aug 2014 12:00 WIB

Ini Penyebab Anda Selalu Merasa Lelah (Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Kelelahan (Ilustrasi)
Foto: Antara
Kelelahan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kurang tidur bukan satu-satunya hal yang menguras energi Anda. Banyak hal kecil yang Anda lakukan dan yang tidak Anda lakukan dapat mengurasi tenaga Anda secara mental dan fisik sehingga membuat Anda cepat lelah.

Para ahli di University of Georgia mencoba mengungkapkan 14 kebiasaan buruk umum yang dapat membuat Anda selalu merasa lelah, ditambah lagi dengan sejumlah gaya hidup positif untuk mengatasinya, dilansir dari HealthDay News, Senin (11/8).

11. Minum alkohol sebelum tidur

Mengonsumsi alkohol sebelum tidur akan membuat Anda bangun penuh kelelahan keesokan harinya. Alkohol awalnya memang menekan sistem saraf pusat dan menghasilkan efek sedatif. Tapi ada akhirnya alkohol mengurangi keefektifan tidur Anda. Alkohol menciptakan efek rebound seperti demetabolisme yang menciptakan gelombang tiba-tiba dalam sistem adrenalin. Inilah sebabnya mengapa Anda begitu mudahnya bangun dan terjaga di tengah malam ketika minum alkohol.

12. Bermain gadget

Tahukah Anda? Lampu colokan baterai tablet, smartphone, atau lampu backlit di layar ponsel Anda membuang ritme sikardian alami tubuh dengan menekan metonin, hormon yang membuat siklus tidur Anda teratur. Sensitivitas terhadap cahaya digital dari gadget memberikan efek bervariasi terhadap orang berbeda, namun secara umum ada baiknya menghindari gadget Anda dalam kondisi ON saat tidur atau minimal jauhkan minimal 14 inci dari wajah Anda untuk mengurangi risiko gangguan tidur.

13. Kecanduan kafein

Mulai pagi hari, Anda sarapan dengan kopi. Belum lagi kopi yang Anda minum sewaktu di kantor, juge sebelum tidur. Secangkir kopi memang baik untuk Anda, namun itu akan berubah buruk jika Anda mengonsumsinya berlebihan. Meminum kopi enam jam sebelum tidur akan memengaruhi tidur Anda, sehingga membuat jam istirahat Anda terpotong begitu saja.

14. Lembur

Dengan semangat lembur, termasuk dihari Sabtu dan Ahad Anda, maka itu akan membuat jam tidur Anda berantakan. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktunya. Jika Anda sempat tidur siang minimal 20 menit di kantor maka lakukanlah. Itu akan memungkinkan tubuh mengisi ulang tenaga tanpa memasuki tahapan lebih dalam tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement