Ahad 10 Aug 2014 16:20 WIB
kickoff

Timnas Waspadai Vietnam dan Filipina

Red: operator

Timnas akan melakukan uji coba ke Asia Timur sebagai persiapan sebelum turun di Piala AFF.

JAKARTA -Bek timnas Indonesia, Zul kifli Syukur, memberikan pandangannya soal peluang di Piala AFF 2014. Menurut pe main Mitra Kukar tersebut, peta kekuat an tim Asia Tenggara mulai merata. Sehingga, semua tim sama-sama punya pe luang keluar sebagai juara.

Karena itu, Zulkifli merasa tidak diuntungkan meskipun Indonesia terhindar dari grup maut. Skuat Garuda tergabung di Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Fili pina, dan runner-up kualifikasi. Sedangkan Grup B bercokol Thailand, Malaysia, Singa pura, serta calon juara babak kualifikasi.

Vietnam, ujar Zulkifli, tentu patut diwaspadai karena berstatus sebagai tuan rumah. Akan tetapi, kekuatan Filipina juga tak boleh dipandang sebelah mata meski pun Indonesia punya catatan baik melawan tim berjuluk the Azkals tersebut.

"Filipina terus berkembang setiap tahun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Muhammad Iqbal/ANTARAFOTO

Pelatih Timnas Senior Alfred Riedl (dua kiri) memberikan instruksi kepada pemain pada latihan perdana di Lapangan UPH Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (26/2).

 

Pantang bagi kami meremehkan siapapun,"kata Zulkifli kepada wartawan seusai memperkuat ISl Stars kontra Juventus, pekan ini.

Performa Filipina memang konsisten, bahkan cenderung meningkat. Pada Piala AFF 2010, Indonesia sukses mengalahkan Fi lipina dengan skor 1-0 pada setiap leg di babak semifinal. Di Piala AFF 2012, Fili pina kembali berhasil menembus semifinal.

Sementara Indonesia tersingkir di fase grup.

Terbaru, Filipina bahkan berhasil menembus final AFC Challenge Cup 2014. Na mun, Filipina gagal menjadi juara lantaran takluk 0-1 oleh Palestina."Kami tidak boleh menoleh ke belakang.Semua tim punya peluang juara. Kami harus bekerja lebih keras," ujar Zulkifli.

Terkait persiapan Piala AFF, timnas kembali akan melakukan uji coba ke luar negeri. Setelah menyambangi Spanyol dan Timur Tengah, skuat Garuda dijadwalkan bertandang ke Asia Timur.

Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono mengatakan, tur Asia Timur rencananya dilakukan pada September, saat jeda kompetisi Liga Super Indonesia. "Ada sekitar dua atau tiga kali uji coba," kata Joko kepada wartawan.

Meski begitu, Joko belum bisa membeberkan negara mana saja yang bakal menjadi destinasi Firman Utina dkk. PSSI masih harus membahasnya dengan Alfred Riedl.

Tur Asia Timur dipilih mengingat tim-tim Asia Timur memiliki kualitas mumpuni.Riedl, ujar Joko, akan segera kembali ke Indonesia untuk melanjutkan pemantauan para pemain di kompetisi LSI sebelum jeda pada kompetisi pada 5 September.

Sejak awal, Riedl memang meminta agar PSSI dan Badan Tim Nasional untuk memperbanyak uji coba ke luar negeri. Ini penting guna meningkatkan mentalitas pemain.  rep:satria kartika yudha ed:abdullah sammy

FAKTA ANGKA

10-Piala AFF tahun 2014 adalah edisi ke-10 sejak turnamen ini pertama kali bergulir tahun 1996.

4-Singapura adalah tim tersukses dari turnamen Piala AFF dengan empat gelar.

4-Indonesia empat kali sukses melenggang hingga babak final Piala AFF.

0-Kendati lolos empat kali ke babak final, Indonesia belum sekalipun juara Piala AFF.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement