Jumat 08 Aug 2014 12:00 WIB

Pemprov akan Bangun Sirkuit Balap Motor

Red:

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membangun sirkuit balap motor di Marunda, Jakarta Utara. Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, rencana pemprov tersebut sebagai upaya mengurangi maraknya aktivitas balap liar di Ibu Kota.

"Salah satu tujuan pembangunan sirkuit motor ini adalah untuk meminimalkan balapan liar yang sering kali dilakukan di jalan-jalan besar di wilayah Ibu Kota," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (7/8/).

Ahok, demikian ia biasa disapa, berkata, nanti jika ada banyak balapan siang dan malam, pemprov bisa sekalian membangun pusat perbelanjaan di sekitarnya. "Jadi, bisa menarik semakin banyak pengunjung maupun pengusaha," ujar Ahok.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Ratiyono menuturkan, luas lahan yang dibutuhkan untuk sirkuit motor tersebut mencapai 15 hektare. Diprediksi, proyek tersebut bakal menghabiskan dana sekitar Rp 50 miliar hingga Rp 100 miliar.

"Lokasi lahan yang dipilih nantinya masih akan kita kaji lagi, terutama mengenai kepadatan tanah. Karena itu, kita akan melibatkan konsultan ahli untuk melakukan kajian tersebut," tutur Ratiyono.

Dalam pembangunan sirkuit tersebut, pemprov akan menjalin kerja sama dengan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro). "Kami gandeng PT Jakpro karena merupakan BUMD DKI dan itu juga merupakan arahan dari Pak Basuki. PT Jakpro punya modal dan pemprov nanti juga akan diberikan penyertaan modal," papar Ratiyono.

Ia memperkirakan pembangunan sirkuit motor tersebut akan membutuhkan waktu sekitar delapan bulan. Pembangunan sirkuit itu, masih kata Ratiyono, juga merupakan permohonan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). antara ed: karta raharja ucu

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement