Kamis 07 Aug 2014 15:14 WIB

Siap Tempur di Brunei

Red:

JAKARTA -- Walau tak memasang target, timnas U-19 tetap serius mempersiapkan diri menjelang bertanding di turnamen Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014 di Brunei Darussalam, 8-23 Agustus. Ini dibuktikan dengan menggelar latihan pada Selasa (5/8) sore di lapangan Jerudong Sports Complex meskipun baru tiba beberapa jam di Brunei.

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri menyatakan timnya sudah siap tempur. Tidak ada kata canggung ataupun terbebani menghadapi lawan yang diperkuat pemain U-21 plus tiga pemain senior. "Anak-anak sudah biasa bertanding melawan pemain yang lebih tua," kata Indra kepada Republika.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Republika/Edwin Dwi Putranto

Timnas Indonesia U19

Ini memang bukan kali pertama para pemain timnas U-19 harus bertanding melawan para pemain yang lebih tua. Selama melakoni tur nusantara yang juga menjadi bagian dari persiapan menuju Piala Asia U-19 di Myanmar, Oktober mendatang, timnas U-19 lebih sering melawan tim yang diperkuat pemain lebih tua. Sekitar 20 pertandingan dilalui Evan Dimas dkk melawan skuat yang lebih senior.

Timnas U-19 memboyong 26 pemain dari 30 pemain yang tergabung dalam pemusatan latihan. Tiga pemain, yakni Martinus Novianto, Alqomar, dan Eriyanto, dipinjamkan ke timnas U-21 yang akan berlaga pada turnamen COTIF di Valencia, Spanyol. Sementara, satu pemain lainnya, yaitu Bagas Adi Nugroho, tidak ikut serta ke COTIF ataupun HBT karena harus menjalani operasi kutil.

Juru taktik asal Sumatra Barat itu mengatakan, performa pemain di turnamen HBT ini akan digunakan untuk menentukan komposisi terbaik timnas U-19. Namun, sepertinya tidak akan ada perubahan drastis dalam susunan starting XI. Para pemain seperti Evan Dimas, Muchlis Hadi, Maldini, dan Ilham Udin tetap akan menjadi pemain inti. Itu terlihat dalam beberapa sesi latihan internal tim selama di Karawaci, Tangerang, beberapa hari terakhir.

Perubahan komposisi utama kemungkinan terjadi di lini tengah. Gelandang Zulfiandi yang sebelumnya lebih sering menjadi duet Evan Dimas dan Hargianto, mulai tersingkir oleh Paolo Sitanggang. Yang jelas, kata Indra, timnas U-19 masih berkekuatan 30 pemain. Indra baru akan melakukan pencoretan pemain seusai turnamen HBT.

Kapten timnas U-19 Evan Dimas mengaku ia dan rekan-rekannya akan bermain lepas tanpa tekanan. "Tujuan akhir kami adalah di Piala Asia. Ini hanya bagian persiapan menuju ke sana," ujar Evan.

Sebenarnya, bukan hanya Indonesia yang mengirim tim U-19. Thailand juga demikian. Pelatih Thailand, Somsa Pobpasert, mengatakan, ajang ini dijadikan kesempatan sebagai persiapan menuju Piala Asia. Bedanya, Thailand U-19 memasang target tinggi pada ajang ini. "Kami ingin menembus final," kata Pobpasert dilansir Brunei Times. rep:satria kartika yudha ed: israr itah

Jadwal Timnas U-19 di fase grup HBT

-Jumat, 8 Agustus: Indonesia vs Malaysia pukul 15.00 WIB

-Senin, 11 Agustus: Indonesia vs Brunei Darussalam pukul 19:15 WIB

-Rabu, 13 Agustus: Indonesia vs Vietnam pukul 15.00 WIB

-Sabtu, 16 Agustus: Indonesia vs Kamboja pukul 15.00 WIB

-Senin, 18 Agustus : Indonesia vs Singapura pukul 15.00 WIB

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement