Kamis 07 Aug 2014 12:00 WIB

Volume Sampah di Sukabumi Naik 20 Persen

Red:

SUKABUMI –– Volume sampah di Kota Sukabumi mengalami peningkatan cukup besar selama puasa dan lebaran lalu. Hal ini didasarkan pantauan terhadap pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Cikundul, Kecamatan Lembursitu.

"Peningkatannya mencapai hingga 20 persen dibandingkan kondisi normal," ujar Kepala Dinas Pengelolaan Persampahan, Pertamanan, dan Pemakaman (DP4) Kota Sukabumi Lilis Astri S, Rabu (6/8). Pada saat normal, volume sampah rata-rata hanya mencapai 130 ton per hari.

Menurut Lilis, sampah itu me rupakan campuran baik ru mah tangga maupun dari tempat lainnya. Namun, yang paling banyak sampah rumah tangga. Untuk mengangkut sampah, pemkot mengadakan penanganan secara besar-besaran pada malam takbiran lalu. Pengang kut an sampah melibatkan 162 pegawai kebersihan, 32 unit truk sampah, 25 motor sampah dan tiga alat berat.

Hasilnya, kata Lilis, tumpukan sampah di sejumlah tempat sudah berhasil dibawa ke TPA sampah Cikundul. Namun, diakui dia, pada H+1 dan H+2 lebaran lalu upaya pengangkutan sam pah memang belum maksimal.

Warga Kecamatan Cikole, Candra (44 tahun) mengatakan, pada H+1 lebaran memang ada sejumlah tumpukan sampah di pinggiran jalan. Namun, hari berikutnya tumpukan sampah sudah bersih. rep: riga nurul iman  ed: agus yulianto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement