Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Gigi Suka Ngilu

Kamis 07 Aug 2014 11:22 WIB

Red: Nidia Zuraya

Gigi Suka Ngilu

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya suka merasa ngilu kalau makan yang agak dingin, bukan cuma itu, kalau ada di daerah berudara dingin juga terasa ngilu gigi, dulu pernah ada gigi yang bolong dan ditambal, tapi kenapa sekarang jadi terasa ngilunya merambat ya dok? Saya harus bagaimana dok? Thanks.

Arry (38 tahun)


Jawaban:

Salam kenal Pak Arry, bila kemudian gigi yang terasa ngilu, maka hal tersebut disebabkan oleh adanya rangsangan langsung pada jaringan dentin yakni lapisan kedua terluar setelah enamel.

Dentin yang terbuka bisa disebabkan karena gigi berlubang selain itu abrasive, dikarenakan sikat gigi dan cara menyikat yang tidak benar. Juga bisa dikarenakan gusinya resesi (turun) sehingga jaringan dentin terbuka.

Pada kasus yang ditanyakan Arry bisa saja disebabkan beberapa hal yang saya sebutkan diatas. Oleh karena itu sebaiknya Arry konsultasikan ke dokter gigi yang terdekat untuk diperiksakan lebih baik dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Bisa saja hanya dilakukan penambalan gigi atau perawatan lain sesuai indikasi. Bisa juga hanya dengan penggunaan pasta gigi sensitive namun harus dilihat dahulu kondisi Kesehatan Gigi dan Mulut (oral hygiene) Arry. Semoga bisa menjawab yang ditanyakan Arry dan Salam Senyum Sehat.


drg Samdharu P, SpProst
Spesialis Kesehatan Gigi dan Mulut di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA