Rabu 06 Aug 2014 15:13 WIB

Menpora: Masih 47 Atlet Belum Terima Bonus

Roy Suryo
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Roy Suryo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengatakan masih ada 47 atlet dan jajaran pelatih yang belum menerima bonus atas prestasi mereka di SEA Games 2013 di Myanmar.

Padahal, dana prestasi itu dijanjikan akan cair pada Januari 2014. Namun, menurut Roy, pihaknya telah menunaikan sebagian besar janji tersebut meski masih ada yang belum menerimanya.

"Alhamdulillah dari ratusan atlet dan pelatih, sekarang tinggal 47 yang masih belum menerima (bonus)," kata Roy di sela-sela kunjungan ke sejumlah pelatnas di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu.

Menurut Roy, pihaknya kini menerapkan mekanisme yang lebih ketat dan rinci terkait pencairan dana prestasi.

Validitas nomor rekening dan nomor pokok wajib pajak (NPWP) atlet dan pelatih menjadi syarat administrasi utama dalam mekanisme itu.

"Saya memang tidak membolehkan adanya kesalahan administrasi. Kalau misal ada atlet yang nomor rekeningnya belum pas, NPWP belum punya, memang akan cukup menghambat. Belum lagi ada banyak libur kerja," katanya.

Ia memohon maklum kepada jajaran pelatih dan atlet yang hingga kini belum juga menerima bonus. Namun, ia mengaku terus berupaya mencari solusi terbaik.

Akan tetapi, Roy mengaku tidak bisa memberi batas waktu pencairan dana prestasi karena sudah melibatkan kementerian dan lembaga lain.

"Batas waktu tidak mungkin dilakukan karena ini ranahnya sudah lintas kementerian. Kita juga tidak punya target harus kapan pencairannya. Tapi yang pasti, kami berterima kasih pada para atlet yang masih tetap semangat," katanya.

Jintar Simanjuntak adalah salah satu atlet karate yang belum menerima bonus tersebut. Dalam kunjungan Menpora ke pelatnas karate, Jintar menagih janji pemerintah yang akan memberikan bonus senilai Rp200 juta kepada setiap peraih medali emas dalam SEA Games 2013.

"Mungkin hanya saya saja, tapi saya ingin menanyakan soal bonus setelah saya bisa dapat emas di SEA Games 2013," ucapnya.

Menurut karateka asal Medan Sumatera Utara, itu teman-teman seperjuangannya telah mendapatkan bonus tersebut.

Ia berharap penghargaan pemerintah atas prestasinya di kancah regional itu bisa segera cair mengingat tim karateka nasional juga tak lama lagi akan bertarung di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, September mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement