Senin 04 Aug 2014 15:30 WIB
mudik kebersamaan

tips- Tetap Sehat Pasca-Lebaran

Red:

Pasca Lebaran dan mudik Lebaran, seseorang pasti mengalami kelelahan. Padahal, mulai hari ini pegawai negeri dan swasta sudah kembali beraktivitas.

Agar tetap sehat dan bagi seseorang yang mempunyai penyakit kronik, seperti diabetes melitus, hipertensi, gangguan asam urat, jantung, dan lain-lain, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama memberikan beberapa tips.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:YUSRAN UCCANG/ANTARAFOTO

Bagi yang sudah mempunyai penyakit kronik, ada kemungkinan kambuh atau memburuk penyakitnya selepas mudik. Hal itu bisa terjadi karena lupa makan obat rutin ketika sibuk mudik atau libur panjang. Konsumsi makanan tidak terukur dan faktor kelelahan.

Karena itu, saran dia, perlu segera mencek ulang kesehatan atau penyakit kronik yang memang selama ini dimiliki.

Menurut dia, dampak dari kelelahan aktivitas liburan dan pulang mudik tentu dapat membuat kinerja menurun dan daya tahan tubuh turun, sehingga lebih mudah sakit. Pemecahannya, kata Prof Tjandra, sebaiknya memang ada waktu istirahat pemulihan dulu sebelum masuk kerja, selain itu konsumsi makanan bergizi dan bila perlu vitamin.

Pasca-Lebaran masalah kesehatan yang sering dialami adalah kemungkinan gangguan saluran cerna yang terdiri atas dua bagian. Yaitu, infeksi akibat makanan tidak higienis ketika mudik dan berwisata dan kemungkinan lain gangguan lambung akibat pola makan yang banyak dan tidak teratur. Pemecahannya, segeralah kembali ke pola makan sehat dan seimbang. rep: neni ridarineni ed: hafidz muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement