Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

7 Cara Hentikan Tangisan Bayi (1)

Senin 04 Aug 2014 11:19 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya

Berbagai pendapat berbeda diungkap para ahli mengenai cara menangani bayi menangis. Orangtua sebaiknya jeli memilah yang terbaik bagi si kecil.

Berbagai pendapat berbeda diungkap para ahli mengenai cara menangani bayi menangis. Orangtua sebaiknya jeli memilah yang terbaik bagi si kecil.

Foto: corbis

REPUBLIKA.CO.ID, Tangisan bayi adalah cara mereka berkomunikasi dengan Anda. Di dalam kandungan, mereka memiliki plasenta untuk memuaskan rasa lapar atau rahim agar membuat mereka tetap hangat. Setelah lahir, secara harfiah bayi membentuk komunikasi baru supaya kebutuhan mereka tetap terpenuhi.

Dr Penelope Leach, penulis 'The Essential First Year' mengungkapkan  bahwa selama enam pekan pertama hidupnya, bayi Anda akan menangis banyak. Ini bisa jadi karena mereka lapar, popok mereka kotor, atau mereka merasa ada hawa yang berbeda di sekitarnya sehingga merasa rentan.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap membantu bayi Anda merasa aman. Berikut adalah tujuh cara menghentikan tangisan bayi Anda, dilansir dari Mother and Baby, Senin (4/8).

1. Pijatan
Pijatan terkenal manjur menenangkan bayi Anda. Gunakan minyak sederhana, seperti almond manis. Hal i ni bisa dilakukan sebelum atau setelah mandi. Tapi, jika bayi Anda memiliki kulit sensitif, maka Anda harus membilas minyak tersebut setelah pijat.

Amanda Hart (32 tahun) mengatakan ketika putrinya berusia delapan pekan, Lucy selalu menangis sebelum tidur, maka dia akan menggosokkan minyak organik lotion ke kaki, lengan, dan tubuh Lucy. Lucy tampaknya menikmati itu dan akhirnya dia berhenti gelisah.

2. Gerakan tubuh
Anda harus membaca gerakan tubuh  bayi Anda, maka bisa jadi Anda bisa menghentikan tangisan mereka. Perawat kesehatan anak dan keluarga, Sharon Donaldson mengatakan memahami isyarat bayi akan membuat Anda bisa memahami perilaku bayi Anda dan Anda tak perlu memakan waktu untuk menghibur mereka.

Jika bayi Anda lapar, dia akan selalu menjulurkan lidahnya atau menjilati tangan, bisa juga terus mengeluskan kepalanya ke payudara Anda. Jika dia tidak lapar, bearti bayi Anda hanya ingin dipeluk atau dia ingin terus tidur. Jika bayi Anda terus berterian selama atau setelah menyusui, maka sebaiknya Anda berbicara dengan dokter anak karena bisa jadi bayi Anda sedang sakit.

3. Menepuk pantat
Bayi yang belum lahir sangat dihibur oleh suara detak jantung ibunya. Itulah sebabnya mengapa bayi yang baru lahir sangat senang meringkuk di dada Anda. Ritme inilah yang mungkin membuat bayi Anda sangat senang ditepuk pantatnya. Donaldson mengatakan bahwa menepuk pantat bayi dengan lembut, sesuai dengan ritme detak jantung Anda akan membantu mereka merasa lebih nyaman.

4. Musik lembut
Penelitian menunjukkan bayi sangat ditenangkan oleh suara-suara lembut seperti musik atau ketika orang tuanya bersenandung. Beth Arkwright (31) mengatakan Barney, bayinya yang berusia tujuh bulan sering didengarkan musik-musik Mozart ketika hamil.
"Setelah dia lahir, saya membeli CD Baby Mozart dan Barney benar-benar merespon itu. Setiap makam, aku memainkan lagu itu untuknya setelah makan. Dia akan langsung tertidur," jar Arkwright.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA