Puncak Arus Balik Diprediksi H+5

Red: Damanhuri Zuhri

 Selasa 29 Jul 2014 16:23 WIB

Arus mudik di tol pejagan Arus mudik di tol pejagan

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelola Terminal Mandalika Kota Mataram Susanto memprediksi, puncak arus balik Lebaran tahun 2014 akan terjadi pada H+5 dan H+6 Idul Fitri 1435 Hijriyah.

"Puncak arus balik diprediksi H+5. H+6. H+5 dan H+6  itu bertepatan dengan hari Sabtu dan Minggu tanggal 1-2 Agustus 2014," katanya di Mataram, Selasa.

Dikatakannya, puncak arus balik itu terjadi karena pada hari Senin (3/8) semua perkantoran sudah mulai masuk kerja. Sehingga hari Minggu (2/8) merupakan hari terakhir para pemudik untuk kembali ke aktivitas masing-masing.

Pada puncak arus balik itu, jumlah penumpang baik angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) akan mencapai lebih di atas 1.000 penumpang.

Terkait dengan itu, pihaknya terus memberikan pelayanan maksimal kepada para pemudik yang berada di Terminal Mandalika.

"Hal ini sebagai komitmen Pemerintah Kota Mataram dalam memberikan kenyamanan dan keamanan penumpang selama berada di lingkungan terminal," katanya.

Karenanya, pihaknya juga menyediakan posko kesehatan gratis bagi para penumpang dan pekerja di kawasan Terminal Mandalika. Sehingga mereka bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman.

Selain itu juga terdapat posko anti narkoba. Setiap sopir yang akan jalan membawa armada pemudik terlebih dahulu melakukan tes urine untuk memastikan sopir bersangkutan bebas narkoba.


Play Podcast X