Posko Kesehatan di Gambir Buka sampai Arus Balik Berakhir

Rep: c91/ Red: Joko Sadewo

 Senin 28 Jul 2014 00:03 WIB

Posko Kesehatan (ilustrasi) Foto: Antara Posko Kesehatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posko Kesehatan Lebaran di Stasiun Kereta Api (KA) Gambir, Jakarta Pusat, akan tetap buka sampai 5 Agustus 2014. Posko itu sudah aktif memantau kesehatan para pemudik, sejak Senin, 21 Juli.

"Kami akan tetap buka sampai arus balik juga berakhir," ujar Mahar Hidayat, paramedis Posko Kesehatan Stasiun Gambir, kepada Republika, (27/6). Hingga kini, sebanyak 37 penumpang telah mereka tangani.

Mahar menjelaskan, kebanyakan penumpang mengeluhkan sakit kepala dan sakit perut atau mual. "Kemungkinan kondisi itu, disebabkan oleh kepadatan suasana stasiun, atau penyakit bawaan pasien," ujarnya.

Meski begitu, selama posko dibuka, ia mengaku belum menemukan penumpang pingsan, atau mengalami penyakit serius. Secara keseluruhan kondisi pemudik relatif sehat.

Posko kesehatan tersebut, merupakan gabungan dari Palang Merah Indonesia (PMI), Jasa Raharja, PT KAI, Dokter Polisi (Dokpol), dan Puskesmas Sawah Besar. Mereka aktif selama 24 jam, dengan sistem pergantian.

Selain berjaga di posko, tim medis juga berkeliling ke area penumpang, baik lobi utara atau pun selatan. Diharapkan dengan begitu, penumpang yang sakit bisa diperiksa.

Play Podcast X