Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

 

Mobil Asal Jawa Ramaikan Jalinsum

Kamis 24 Jul 2014 15:32 WIB

Rep: mursalin yasland/ Red: Muhammad Hafil

Jalan Lintas Sumatera/Jalinsum (ilustrasi).

Jalan Lintas Sumatera/Jalinsum (ilustrasi).

Foto: Republika/Maspril Aries

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kendaraan pribadi berpelat nomor polisi asal kota-kota di Pulau Jawa, mulai meramaikan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Lampung, pada H-4 Kamis (24/7). Jumlah mobil pribadi ini akan meningkat pada puncak arus mudik yang diperkirakan pada H-3 dan H-2, Jumat-Sabtu (25-26/7) malam.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, arus mudik Lebaran yang terjadi di Sumatera banyak dipadati penumpang bus dan kendaraan pribadi dari Pulau Jawa. Para pemudik yang pulang kampung di kota-kota Sumatera ini, berasal dari warga yang merantau dan bekerja di kota-kota Pulau Jawa.

Jalinsum ruas Jalan Soekarno-Hatta kota Bandar Lampung, pada Kamis (24/7) petang, mulai terlihat ramai mobil-mobil yang diketahui dari nomor polisinya asal Jakarta, Banten, Bandung, dan Yogyakarta. Meski ramai, arus lalu lintas di jalinsum masih berjalan lancar dan aman.

Mobil-mobil pribadi ini melintas di jalinsum setelah tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Sedangkan pemudik bermotor yang melintas hingga jalinsum kota Bandar Lampung, masih sepi. Diperkirakan pemudik bermotor akan ramai pada H-3 malam seiring dengan cuti bersama Idul Fitri.

Menurut Bina, warga Bandung yang membawa mobil pribadi tujuan kota Bandar Lampung, arus lalu lintas masih lancar dan nyaman pada H-4. "Lalu lintas di jalinsum dari Bakauheni ke Bandar Lampung lancar-lancar saja, tidak ada kemacetan," katanya.

Ia juga mengatakan perjalanan mudik menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Merak (Banten) hingga ke Pelabuhan Bakauheni (Lampung), juga lancar selama tiga jam di laut. Ia mengakui terpaksa menunggu agak lama dari biasanya untuk bisa masuk kapal, karena antrean sudah panjang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES