Menang Telak di Jateng, Jokowi-JK Pimpin Perolehan Suara Nasional Sementara
Senin , 21 Jul 2014, 21:26 WIB
antara
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional telah memasuki provinsi ke 20, Provinsi Jawa Tengah. Pasangan capres nomor urut 2 Jokowi-Jusuf Kalla menang telak di provinsi ini. Dengan demikian, untuk sementara memimpin perolehan suara rekapitulasi tingkat nasional.

Di Jawa Tengah, Jokowi-JK memeroleh 12.959.540 suara. Sedangkan kompetitornya, pasangan Prabowo-Hatta hanya mendapatkan suara setengah dari perolehan Jokowi-JK. Pasangan nomor urut 1 itu hanya mendapatkan 6.485.720 suara.

Total hasil penghitungan sementara dari 20 provinsi yang  telah dibahas, pasangan Jokowi-JK memimpin. Mereka memperoleh 29.297.17329.297.173 suara. Sementara Prabowo-Hatta mendapatkan 22.691.67322.691.673.

Namun, hasil penghitungan suara dari Provinsi masih diperdebatkan oleh saksi pasangan calon Prabowo-Hatta. Mereka mempertanyakan jumlah surat suara sah yang mencapai 200 ribu lembar lebih.

Hingga siang ini, rapat pleno rekapitulasi telah membahas suara dari 20 provinsi. Masih tersisa 13 provinsi lagi yang belum ditetapkan yakni Jawa Barat, Lampung, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Papua Barat, Banten, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, DKI Jakarta, dan Papua.

KPU menargetkan proses rekapitulasi bisa dituntaskan hari ini. Dan merencanakan penetepan dan pengumumah hasil pemilu presiden Selasa (22/7) besok.

Redaktur : Maman Sudiaman
Reporter : Ira Sasmita
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar