Senin 21 Jul 2014 16:05 WIB

Jelang 22 Juli, BIN: Jangan Khawatir Berlebihan

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Muhammad Hafil
Marciano Norman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Intelijen Negara (BNI) memproyeksikan kondisi di seluruh Tanah Air pada pengumuman hasil pemungutan suara Pemilihan Umum Presiden 2014, Selasa (22/7), akan berjalan dengan baik.  Kepala BIN Marciano Norman meminta kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakan ibu kota, untuk tidak memperlihatkan kekhawatiran yang berlebih.  Demikian disampaikan Marciano saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/1).

Menurut Marciano, situasi keamanan esok akan dikelola sebaik-baiknya oleh seluruh pemangku kepentingan.  Termasuk di dalamnya selain BIN yaitu Kepolisian Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia.  "Prediksi apa pun yang terjadi sudah dilakukan antisipasi," ujar Marciano.  Dalam kesempatan yang sama, Marciano mengimbau agar seluruh pihak menjaga agar rangkaian pemilu 2014 tidak terganggu oleh hal-hal yg tidak diinginkan. 

"Sangat disesalkan kalau apabila hanya pengumuman capres seluruh aktivitas harus terhenti.  Apalagi sampai tidak berani pergi ke kantor, tidak berani pergi ke sekolah.  Saya minta, seluruh kegiatan harus berjalan dengan baik," kata Marciano.  Lebih lanjut, Marciano mengingatkan agar masyarakat tetap berpedoman pada petunjuk yang diberikan oleh Kepolisian dan TNI.  "Supaya tidak menimbulkan masalah misalnya lalu lintas, kemacetan."

Secara keseluruhan Marciano memandang kedua kubu pasangan capres dan cawapres beserta pendukungnya akan menaati apa pun hasil keputusan KPU.  Apabila pihak-pihak yang kalah ingin mengajukan keberatan, dipersilakan menempuh proses selanjutnya di Mahkamah Konstitusi (MK).  Disalurkan melalui MK.  Biar proses di MK yang menanganinya.  Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Presiden," kata Marciano.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement