Senin 21 Jul 2014 15:30 WIB

Uji Kir Jelang Mudik di Bekasi Naik

Red:

CIKARANG -- Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Jawa Bara (Jabar), mencatat adanya lonjakan jumlah pemohon uji kir di Balai Pemeriksaan Kendaraan Bermotor menjelang musim mudik Lebaran 2014.

"Frekuensi pemeriksaan uji kir pada bulan ini meningkat sejak mendekati Lebaran," kata Kepala Bidang Angkutan dan Pemeriksaan Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kabupaten Bekasi, Syamhuri di Cikarang, Sabtu (19/7). Uji kir ditujukan untuk memenuhi syarat teknis dan laik jalan.

Dia mengatakan, pada hari biasa jumlah kendaraan yang melakukan uji kir sekitar maksimal 35-40 unit kendaraan. "Jumlahnya meningkat, tapi tidak konsisten. Kemarin-kemarin, ada sekitar 60-75 kendaraan, hari ini mungkin sekitar 50, kebanyakan bus dan hari ini sedang banyak mobil boks," kata dia.

Dia mengaku, telah menyediakan personel khusus untuk mengawasi angkutan umum yang belum melakukan uji kir berkeliaran saat Lebaran. Pengawasan akan diintensifkan petugas di sekitar kawasan terminal atau titik keberangkatan mudik. "Uji kir ini erat kaitannya dengan keselamatan penumpang. Pemeriksaannya harus dilakukan setiap enam bulan sekali," katanya. Ada empat tahap dalam uji kir yang harus dilalui. Jika semuanya ditempuh dan aman, dia yakin, perjalanan mudik pun aman. antara ed: dewi mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement