Senin 21 Jul 2014 15:30 WIB
mudik kebersamaan

KAI Selesaikan Perbaikan Aspal di Perlintasan

Red:

PURWOKERTO — Menghadapi musim mudik Lebaran 2014, PT KAI Daop 5 Purwokerto melakukan perbaikan aspal di puluhan titik perlintasan. Total ada 48 titik perlintasan di enam kabupaten wilayah Daop 5 Purwokerto yang aspalnya diperbaiki.

"Di samping itu, terdapat satu titik perlintasan di Prupuk yang diganti konstruksinya dari aspal menjadi blockrel," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono, Ahad (20/7).

Dia menyebutkan, 49 titik perlintasan KA yang diperbaiki, antara lain, sebanyak sembilan titik di Kabupaten Tegal, tiga titik di Kabupaten Brebes, 13 titik di Kabupaten Banyumas, 11 titik di Kabupaten Cilacap, sembilan titik di Kabupaten Kebumen, dan empat titik di Kabupaten Purworejo.

Perlintasan KA tersebut terdiri atas 11 titik perlintasan jalan provinsi masing-masing di Slawi, Margasari, Prupuk, Linggapura, Kretek, Notog, Randegan, Sumpyuh, dan Kutowinangun, serta 38 titik perlintasan di jalan Kabupaten.

"Meskipun kerusakan jalan di perlintasan KA sebetulnya bukan tanggung jawab kami, kami tetap berupaya melakukan perbaikan agar lalu lintas di sekitar perlintasan bisa berjalan lancar," katanya.

Menurut Surono, pekerjaan perbaikan aspal di sejumlah perlintasan tersebut ditargetkan akan selesai selambat-lambatnya pada H-8 atau Ahad (20/7). "Dengan perbaikan kondisi aspal di perlintasan KA, diharapkan tidak terjadi lagi kecelakaan di perlintasan akibat terpeleset, terutama untuk para pengendara sepeda motor," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, mulai Senin (21/7), KA Tambahan Lebaran sudah mulai dioperasikan. Total ada 22 KA tambahan Lebaran yang dioperasikan setiap harinya, masing-masing 14 KA tambahan ke jurusan Jakarta dan delapan KA tambahan jurusan Bandung.

"Dengan adanya KA tambahan Lebaran maka lalu lintas KA akan menjadi cukup padat. Di wilayah Daop 5 Purwokerto,  total ada 98 KA yang melintas setiap hari, atau rata-rata setiap 15 menit akan ada satu KA yang melintas," katanya.

Ke-98 KA tersebut terdiri atas 62 KA penumpang reguler, 22 KA Lebaran, dan 14 KA barang. "Dalam masa angkutan Lebaran ini, semua KA barang memang tetap dioperasikan," ujar Surono. Karena padatnya jalur KA, ia meminta pengemudi kendaraan yang akan melintasi perlintasan KA agar hati- hati dan waspada.

Surono juga menyebutkan, pihaknya akan menambah personel yang berjaga di pos perlintasan di sepanjang jalur selatan hingga jalur tengah antara Tegal-Purwokerto. Untuk itu, ada sekitar 10 titik perlintasan yang akan ditambah dengan satu petugas jaga ekstra. "Saat ini, di setiap pos perlintasan sebenarnya sudah ada dua orang penjaga. Dengan demikian, di 10 pos tersebut nantinya ada tambahan satu orang lagi petugas jaga," ujarnya. rep:eko widiyanto ed: a syalaby ichsan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement