Jumat 18 Jul 2014 12:00 WIB

Bazar Ramadhan Jadi Pilihan

Red:

Bulan suci Ramadhan selalu membawa berkah. Tak hanya bagi in dividu umat Islam yang menjalankan ibadah puasa, tapi juga dunia usaha khususnya pakaian dan makanan. Bulan Ramadhan menjadi momentum yang tepat bagi pelaku dunia usaha makanan, pakaian, dan asesoris untuk men jual produknya. Salah satu kegiatan yang selalu ditunggu kehadirannya oleh masyarakat adalah bazaar, expo, pasar murah, dan sejenisnya.

Di ajang kegiatan tersebut, para produsen makanan, pakaian, dan asesoris berlomba-lomba menampilkan produk ter baru mereka agar bisa di lirik oleh konsumen. Sejumlah kegiatan selama Ramadhan digelar baik di gedung pertemuan, hotel, maupun lapang an terbuka.

Beberapa kegiatan yang sudah mulai bergulir yaitu Ramadhan Fashion Expo di Graha Manggala Siliwangi. Kegiatan yang digelar oleh Organizer Mega Multi Promotama ini berlangsung mulai Kamis hingga Ahad (17-20) Juli mendatang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Agung Supriyanto/Republika

Butik Muslimah

 

Menurut Ega Megantari, panitia kegiatan, expo kali ini diikuti sebanyak 50 perserta. Sebagian besar dari mereka, kata dia, menjual produk pakaian, khususnya busana muslim. Selain diikuti oleh perorangan, peserta juga ada dari kalangan BUMN dan instansi pemerintah, baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

Selain pakaian, imbuh dia, produk yang ditampilkan yaitu kue-kue lebaran, dan ase soris lainnya. "Pesertanya sangat va riatif. Jadi sangat pas di kunjungi oleh masyarakat untuk persiapan lebaran," kata dia.

Selain menampilkan produk makanan, pakaian, dan asesoris, ujar Ega, kegiatan selama tiga hari ini juga akan diisi dengan berbagai acara lainnya. Antara lain talk show yang menghadirkan artis yang kini konsen dengan busana muslimahnya, Peggy Melati Sukma, Meyda Seffira, dan sejumlah artis lainnya.

Mereka ini akan berbicara seputar hijab tutorial, serta pernak-perniknya. Tak hanya itu, juga akan dihadirkan fashion show, musik islami, serta tausiah yang akan disam paikan oleh sejumlah ustadz. Alita Boutiq, adalah salah satu peserta expo yang me nampilkan produk pakaian muslimah terbarunya. Menurut pemilik Alita Boutiq, Lita Puspita, dalam expo kali ini, ia menampilkan produk pakaian muslimah berbahan ceruti (kain sipon) dan kerudung jenis viscose.

Hasil karya rancangannya ini, kata dia, didominasi oleh warna pastel yang saat ini lagi tren. "Kita tampilkan produk dan rancangan terbaru untuk menghadapi lebaran," kata dia.

Dikatakan Lita, kerudung viscose yang ada di standnya masih tergolong langka. Untuk expo kali ini, dia sengaja datang dari Jakarta membawa jenis kerudung tersebut. Dia berharap, konsumen di Kota Bandung, khususnya kaum Muslimah, bisa mengenal le bih dekat dengan produk barunya ini. "Bandung adalah kota fashion. Saya yakin kaum Muslimah di kota ini memiliki selera berpakaian yang sangat uptodate,’’ ujar dia.

Menurut Lita, untuk bu sama muslim, bahan yang dia gunakan adalah songket. Kain khas salah satu daerah di Nu santara ini, imbuh dia, memiliki keunikan dan nilai seni yang tinggi setelah dirancang secara khusus.

Busana muslimah ini, imbuh dia, kaya dengan warna-warna khas daerah. "Kami coba me nyajikan busana muslimah berbahan dasar kain songket. Dengan desain yang menarik, kain songket tetap memikat saat dikenakan," tutur dia. Pada hari pertama dibuka kemarin, acara ini banyak menyedot perhatian pengunjung khususnya kaum perempuan. Mereka tertarik dengan bu sana muslim yang ditampilkan sejumlah stand.

Menurut Nunung (45 tahun), salah seorang pengunjung, kegiatan seperti ini bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Kata dia, dalam kegiatan ba zaar atau expo biasanya produsen memberikan harga spesial. "Mudah-mudahan diskonnya besar," kata dia yang tertarik dengan busana muslimah untuk lebaran.

Tak hanya di Graha Manggala Siliwangi, kegiatan bazaar juga digelar BJB di lapangan parkir kantor perbankan milik Pemprov Jabar ini di Jl Naripan Kota Bandung. Ke giatan di tempat ini akan ber langsung mulai 18-20 Juli dan diikuti oleh produsen bu sana muslimah, kuliner, sembako, dan asesoris. Selain bazaar, juga akan digelar lomba seni kreasi islami, lomba mewarnai tingkat TK dan SD, lomba busana muslim, lomba da’i cilik dan nasyid, serta tausiah. Sejumlah artis dan grup band akan memeriahkan acara ini. Di antaranya Zaki Kapten, Manik La Luna, dan Band Kuburan. Acara ini terbuka untuk umum dan bisa menjadi ajang ngabuburit bagi keluarga Muslim disaat Ramadhan.  rep:djoko suceno ed: agus yulianto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement