Jumat 18 Jul 2014 12:00 WIB

Dinsos DKI Pulangkan Ratusan PMKS

Red:

JAKARTA -- Dinas Sosial DKI Jakarta memulangkan ratusan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang menyerbu Jakarta ke daerah asalnya.

"Hari ini, (Kamis kemarin), ada 176 PMKS luar Jakarta yang akan dipulangkan," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan di Jakarta, Kamis (17/7).

Namun, Masrokhan mengatakan, sebelum dipulangkan para PMKS luar Jakarta akan dibina terlebih dahulu. Ada dua tempat rehabilitasi sosial yang akan digunakan untuk membina para PMKS, yakni Sub Unit Rumah Rehabilitasi Sosial Bina Mandiri Palimanan, Jawa Barat, dan Balai Rehabilitasi Sosial Samektokarti, Comal, Jawa Tengah.

"Mereka harus diberi bekal sebelum ketemu keluarganya lagi," kata Masrokhan. 

Dikatakan Masrokhan, selama dua pekan Ramadan, Dinas Sosial menjaring 329 PMKS. Ia mengklaim peraturan Pemprov DKI dalam mengatasi PMKS berjalan optimal. Mulai dari sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, penjagaan di titik rawan PMKS, hingga upaya penertiban oleh Petugas Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) yang bekerja sama dengan Dinas Sosial.

Bukti tersebut dilihat dari kedatangan PMKS yang datang ke Jakarta cenderung turun tiap tahunnya. Pada 2013 sebanyak 783 PMKS ditangkap, angka itu turun ketimbang pada 2012 yang menjaring 826 PMKS. rep:c63 ed: karta raharja ucu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement