Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

 

KAI Imbau Pemudik Tukarkan Struk Reservasi

Kamis 17 Jul 2014 20:58 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agung Sasongko

Warga antre membeli tiket di Stasiun Senen, Jakarta, Ahad (13/7). PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket tambahan kereta api sebanyak 1.600 kursi sejak Sabtu (12/7).

Warga antre membeli tiket di Stasiun Senen, Jakarta, Ahad (13/7). PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket tambahan kereta api sebanyak 1.600 kursi sejak Sabtu (12/7).

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pelaksanaan arus mudik tinggal menghitung hari. PT. KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon mengimbau para calon penumpang untuk segera menukarkan struk reservasi perjalanan kereta api (KA) selama masa angkutan lebaran.

Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Gatut Sutiyatmoko menyebutkan, per 17 Juli 2014, total transaksi dari channel luar untuk perjalanan KA pada 21 Juli - 5 Agustus 2014 dari stasiun wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 10.080 transaksi atau kode booking. Namun dari jumlah itu, baru 7.212 kode booking yang sudah ditukar.

''Jadi masih ada 2.868 kode booking yang belum ditukar,'' ujar Gatut, Kamis (17/7).

Gatut berharap, para calon penumpang segera menukarkan struk reservasi di loket stasiun maupun mesin cetak tiket mandiri (CTM). Hal itu dimaksudkan untuk menghindari hilangnya atau rusaknya struk reservasi. ''Dan jangan lupa, bawa kartu identitas asli pada saat akan berangkat,'' tegas Gatut.

Gatut menyatakan, bagi warga yang nanti akan balik dari Cirebon menuju Jakarta paskalebaran, saat ini juga masih tersedia tempat duduk. Dia menyebutkan, tempat duduk itu untuk keberangkatan pada 2 - 4 Agustus 2014. ''KA yang masih tersedia itu berangkat dari Cirebon pukul 16.15 WIB dengan tujuan akhir Jatinegara - Pasar Senen,'' terang Gatut.

Gatut menambahkan, masyarakat yang hendak memesan tiket kereta api pun kini semakin mudah dengan adanya Kereta Api Indonesia Access. Dia menjelaskan, Kereta Api Indonesia Access adalah Official Mobile Application dari PT KAI untuk memudahkan calon penumpang mendapatkan informasi dan memesan tiket KA secara online, dimanapun dan kapanpun.

''Pada 15 Juli lalu telah diluncurkan aplikasi mobile untuk android, blackberry, IOS, windowsphone,'' kata Gatut.

Menurut Gatut, channel pembayaran tiket kereta api yang banyak juga mempermudah calon penumpang untuk melakukan transaksi. Saat ini, calon penumpang bisa cetak tiket sendiri melalui Booth CTM (Cetak Tiket Mandiri).

''Cukup memasukkan kode pembayaran / kode booking yang didapat dari aplikasi Kereta Api Indonesia Access pada mesin CTM,'' tandas Gatut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA