Kamis 17 Jul 2014 17:19 WIB

Kubu Jokowi-JK Ajak Masyarakat Memverfikasi DA1

Hasto Kristiyanto
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Juru Bicara Tim Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto mengajak masyarakat  bersama-sama mengawasi atau memverifikasi DA1 dengan sumber otentik formulir C1. Dia mengapresiasi situs Kawalpemilu.org karena telah mengawal tahapan penghitungan suara. Menurutnya, situs tersebut adalah benteng rakyat terhadap kecurangan pemilu.

Hasto menilai kelebihan kawalpemilu.org adalah sistem kerjanya yang berbasis gotong royong relawan. Hal ini membuat mereka tidak bisa ditembus pengaruh kekuasaan yang hendak mengubah hasil pemilu. "Website kawalpemilu.org tidak hanya menampilkan sisi kebenaran suara rakyat yang berdaulat. Website tersebut bisa dikatakan sebagai puncak kreasi anak bangsa yang merindukan demokrasi untuk selalu ditegakkan dan jauh dari manipulasi penggelembungan suara," kata Hasto melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (17/7).

Hasto menyarankan agar penyelenggara pemilu ikut memanfaatkan kawalpemilu.org untuk mencegah sedini mungkin upaya kecurangan. Menurutnya, dengan keterlibatan masyarakat luas maka hasil pemilu akan lebih terjamin. "Hanya dengan partisipasi publik yang luas, maka berbagai bentuk politik menghalalkan cara bisa ditebas. Itulah kekuatan demokrasi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement