Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Ilmuwan Masih Ragukan Efek Positif Makanan Organik

Rabu 16 Jul 2014 18:45 WIB

Red:

abc news

abc news

REPUBLIKA, CO,ID, ADELAIDE -- Hasil penelitian terbaru mengungkapkan tanaman  organik memang memiliki kandungan antioksidan 60 persen lebih tinggi. Namun sebaliknya juga tanaman organik  memiliki kandungan toksisitas logam yang lebih rendah daripada tanaman lainnya.

Penelitian yang di terbitkan pada Journal of Nutrition ini adalah hasil meta analisis dari 342 publikasi yang mempelajari perbedaan dari tanaman organik dan tanaman panen biasa.

Penelitian ini adalah yang terbesar dan paling komprehensif, namun terlepas dari itu, penulis dari jurnal ini masih menyangkal bahwa ada cukup bukti untuk menjelaskan bahwa makanan organik itu lebih baik.

Penulis senior untuk penelitian ini, Professor Carlo Leifert dari Fakultas Agrikultur di Newcastle University mengatakan terdapat indikasi bahwa makanan organik memiliki dampak positif untuk kesehatan.

Terlepas dari itu, dia berkata bahwa penelitian lebih dalam masih diperlukan untuk melihat efek dari konsumsi makanan organik terhadap kesehatan. “Meskipun ditemukan perbedaan pada komposisi, bahkan apabila komposisi yang berbeda tersebut memiliki hubungan dengan kesehatan, bukan berarti kita bisa mengklaim bahwa makanan organik lebih baik,” kata Leifert, baru-baru ini.

Prof  Leifert mengatakan bahwa secara umum, tingkat antioksidan yang lebih tinggi ditemukan pada makanan organik di semua lokasi geografis dimana penelitian dilakukan.

Dia berkata bahwa makanan biasa memiliki kandungan toksisitas logam yang lebih tinggi, disebut cadmium. Selain itu, mereka juga memiliki frekuensi pestisida yang lebih tinggi.

Dr Ian Musgrove, dari University of Adelaide, mengatakan bahwa belum ada penelitian yang menemukan perbedaan nutrisi antara makanan yang ditanam secara organik dan secara normal. “Penelitian ini sangat konsisten dengan banyak penelitian lain yang melihat angka nutisi pada makanan organik dan makanan normal,” tambah Dr Musgrove.

Dr Musgrove berkata bahwa terdapat peningkatan di beberapa species anti oksidan, namun sehubungan dengan nilai nutrisi secara umum, keduanya tidak begitu berbeda. “Jika anda ingin memilih makanan organik, tidak ada jaminan sehubungan dengan kesehatan bahwa makanan organik itu lebih baik ketika dibandingkan makanan normal.”

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA