Senin 14 Jul 2014 15:22 WIB

Tim Jokowi-JK Klaim Menang 55,8 Persen Suara dalam Real Count Pilpres di DIY

Rep: Yulianingsih/ Red: Muhammad Hafil
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tim sukses pasangan Jokowi Dodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mengklaim menang dalam pemungutan suara Presiden (Pilpres) di wilayah DIY. Jokowi JK tercatat meraih 1.235.946 atau 55,8 persen, sedangkan Prabowo Hatta mendapat 977.944 atau 44,17 persen. Hasil itu berdasarkan perhitungan real count tim pemenanganan Jokowi JK di DIY.

“Hitungan berdasarkan salinan formulir C 1 dari saksi. Kami juga langsung dapat informasi dengan TPS yang kemarin melakukan pemilu ulang, sehingga ini data final,” terang Koordinator Saksi dan perhitungan suara Tim Pemenangan Jokowi JK DIY Dwi Wahyu Budiantoro di Kantor DPD PDIP DIY Senin (14/7).

Berdasarkan hitungan itu Jokowi unggul di 4 kabupaten dan 1 Kota Yogyakarta. Prosentase capaian tertinggi Jokowi di Gunungkidul yakni 61,29 persen atau 280.409 suara. Kemudian diikuti Kota Yogyakarta 60,14 persen atau 148.631 suara, Sleman 53,95 persen atau 356.054 suara, Bantul mendapat 53,61 persen atau 314.330 suara dan Kulonprogo meraih 51,92 persen atau 136.522 suara.

Tim Pemenangan Jokowi JK di DIY juga mencocokkan data C 1 dari saksi di tim dengan C 1 yang diupload KPU di website. Dia mengatakan akan menginventarisir dan mengkaji terkait kejanggalan data C 1 tersebut.

Salah satu kejanggalan itu ditemukan ada C1 di TPS Hargomulyo, Kulonprogro. Tim bidang Informasi Teknologi Pemenangan Jokowi JK, Prihadi Beny Waluyo mengatakan kejanggalan terjadi pada perolehan suara Jokowi JK. Pada C 1 dari saksi tim pemenangan Jokowi JK mendapat 115 suara. Sedangkan di C 1 yang diupload di KPU suara Jokowi JK tertulis 155 suara. Padahal perolehan suara pada pasangan calon nomor 1 tetap sama atau tidak berubah.

”Siapa yang mengubah atau ada yang salah. Di luar jangkauan kami dan tim Jokowi Jk tidak melakukannya. Yang jelas di real count kami tetap pakai yang 115 suara,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan Jokowi- JK DIY Bambang Praswanto mengakui capaian hasil real count masih belum memenuhi target tim di DIY sebanyak 70 persen.

”Kami akui. Tapi kami sudah lakukan berbagai upaya keras. Kami menerima hasil real count kami ini,” katanya.

Sedangkan secara nasional dia mengatakan sampai kemarin suara yang masuk sekitar 60 persen. Dari suara itu Jokowi Jk mendapat 54 persen dan Prabowo Hatta meraih 46 persen.

Tim pemenangan bersama para relawan akan mengawal pilpres sampai masa pelantikan presiden. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mmeberikan suara kepada pasangan nomor 2. Termasuk mengapresisasi penyelenggara Pemilu meskipun dinilai masih ada penyimpangan penyelenggaraan pelaksanaan pemilu. Oleh sebab itu penyelenggara pemilu diminta tetap jujur, adil, tidak memihak dan profesional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement