Senin 14 Jul 2014 12:00 WIB

Lion Group Rambah Bisnis Katering Pesawat

Red:

JAKARTA -- Lion Group terus mengembangkan bisnisnya. Induk usaha Lion Air ini akan meluncurkan Lion Boga, anak perusahaan yang bergerak di sektor katering pesawat.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan, bisnis katering pesawat diproyeksikan akan diluncurkan pada September 2014. ''Rencananya seperti itu,'' katanya, akhir pekan lalu. Setelah berkiprah selama 14 tahun dalam bisnis penerbangan, Lion Air hingga kini belum memiliki perusahaan katering.

Perusahaan berlambang singa itu menggunakan jasa katering perusahaan lain. Menurut Edward, Lion Boga direncanakan untuk memasok pangan untuk maskapai full service Batik Air. Batik Air adalah anak perusahaan Lion Group. Tapi, dia masih enggan mengungkapkan nilai investasi Lion Boga.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mudik Lebaran, Lion Air menyiapkan 20 ribu kursi tambahan. Rute-rute yang diajukan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), di antaranya, Batam, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Banjarmasin, dan Pontianak.

Edward mengatakan, adapun tambahan penerbangan yang diajukan kepada Kemenhub, yaitu Solo, Palangkaraya, Jambi, Palembang, dan Padang. Total, sekitar 20 ribu kursi tambahan. Tapi, penambahan penerbangan ini masih tentatif karena akan melihat permintaan tiket terlebih dahulu.

Menurut dia, apabila permintaan sedikit tapi frekuensi penerbangan tetap ditambah, akan tidak menguntungkan. "Kami akan terus memantau permintaan tiket selama bulan puasa ini. Apabila memang diperlukan maka kami akan menyiapkan tambahan penerbangan demi para penumpang yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing,'' jelas dia.

Tahun ini, maskapai tersebut bertekad untuk mempertahankan tingkat isian penumpang rata-rata 90 persen. Pada 2013, jumlah penumpang yang diangkut Lion Air berkisar 38 juta penumpang. Pada 2014 diharapkan mencapai 40 juta penumpang. Setahun kemudian, akan ditingkatkan kembali menjadi 45 juta penumpang. 

Pembukaan rute-rute penerbangan baru akan membantu Lion Air untuk mencapai target tersebut. Presiden Direktur Lion Air menyatakan, perseroan akan terus membuka rute yang potensial, salah satunya rute Batam ke Bali dan sebaliknya. Selain itu, akan mengekspansi penerbangan di wilayah Indonesia timur. rep:aldian wahyu ramadhan ed: fitria andayani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement