Ahad 13 Jul 2014 01:31 WIB

Yang Perlu Diketahui Soal Pelembab Kulit

Aneka perangkat kosmetik (ilustrasi)
Foto: en.wikipedia.org
Aneka perangkat kosmetik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pelembab tak melulu untuk wajah, namun juga untuk tubuh, mata, hingga rambut. Jenisnya pun beragam, sesuai lokasi kulit yang akan dilembabkan. Nah, berikut ini beberapa tips agar pelembab untuk kulit Anda bisa bekerja maksimal dan berdaya guna. 

 

1. Pelembab tak cukup satu jenis

Ini bukan berarti Anda memerlukan beraneka jenis pelembab, lho. Namun, setidaknya sediakan pelembab masing-masing untuk wajah, mata (eye cream), dan tubuh.

2. Pilih pelembab yang tepat untuk kulit. Di bagian-bagian tubuh seperti punggung, lengan, dan kaki, laman Ladies' Home Journal menyebutkan, perlu jenis pelembab (lotion) yang lebih pekat dan berbahan dasar minyak. Sedangkan untuk kulit yang lebih lembut seperti wajah, maka Anda lebih baik memilih pelembab yang ringan dan bebas minyak. 

3. Gunakan krim khusus mata. Wilayah sekitar mata termasuk rentan dan sensitif sehingga membutuhkan perawatan berbeda. Krim mata biasanya mengandung sejumlah bahan yang tidak terdapat pada pelembab tubuh, misalnya vitamin K dan ekstrak teh hijau. Tak hanya itu, pelembab untuk bagian kulit lain biasanya terlalu berat untuk digunakan di daerah mata.  

4. Aplikasikan pelembab saat kulit dalam keadaan basah. Kulit biasanya akan lebih menyerap pelembab secara maksimal ketika kulit dalam keadaan lembab, misalnya sehabis mandi. Hal ini berlaku pula aplikasi pelembab pada wajah dan mata.

5. Hindari pelembab dengan pewangi yang terlalu menyengat. Pasalnya, wewangian bisa saja memicu alergi yang menyebabkan iritasi. Anda lebih baik memilih produk tanpa pewangi, toh Anda bisa mengenakan wewangian dengan menyemprotkan parfum bukan?

6. Coba pelembab yang bersifat perawatan. Biasanya di konter kosmetik Anda akan dengan mudah menemukan aneka pelembab yang khusus memperbaiki kondisi kulit dan tak sekadar melembabkan saja.  

7. Perhatikan kandungan SPF. Perlindungan SPF diperlukan, apalagi bagi kita yang berada di daerah tropis dengan sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun. Cara paling praktis adalah gunakan pelembab yang memang sudah mengandung kadar SPF sekurangnya 15. 

8. Pelembab tak hanya untuk kulit. Tahukah Anda, pelembab ternyata dalam juga diguanakan untuk rambut. Oleskan secukupnya untuk mendapatkan rambut berkilau. 

 

Cara efektif mengaplikasikan pelembab

Anda mungkin biasa menotolkan pelembab di kening, pipi, hidung, dan dagu, lalu meratakannya. Cara ini bisa saja membuat Anda mengaplikasikan terlalu banyak pelembab. Akibatnya, kulit terlaly berminyak dan lengket, atau bahkan menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya jerawat.  

Nah, cobalah metode baru yang dimuat laman My Women Stuff. Caranya, taruh pelembab di telapak tangan, lalu gosokkan kedua belah tangan dua-tiga kali sehingga pelembab menyebar rata di telapak tangan dan akan lebih hangat. Usapkan pelembab ke pipi, lalu kening, hidung, dan dagu. Cara ini ternyata memudahkan pelembab menyerap ke dalam kulit dan dalam jumlah yang tidak berlebihan. hasilnya, wajah akan lembab tanpa harus terasa lengket. Selamat mencoba!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement