Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Tol Bocimi (Lido) Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Sabtu 12 Jul 2014 10:39 WIB

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Hazliansyah

Jalan Ciawi menuju Sukabumi Rusak

Jalan Ciawi menuju Sukabumi Rusak

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Menkokesra HR Agung Laksono memaparkan pemerintah di penghujung periode sedang fokus penyelesaian infrastruktur. Salah satunya adalah jalan tol untuk menghindari kemacetan di jalan menuju Sukabumi.

"Sementara ini yang akan selesai adalah tol dari Ciawi menuju Lido," imbuh Agung, di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (12/7). Tol ini merupakan sebagian dari rencana pembangunan tol hingga ke Sukabumi.

Jalan menuju Sukabumi memang dikenal macet parah. Hal ini membuat pemerintah berinisiatif membangun jalan tol. "Tadi saya komunukasi sama Menteri PU, jalan tol itu dipegang sama MNC Grup, Harry Tanoe. Mereka akan fokus," ujar Agung.

Tol menuju Lido diproyeksikan selesai dalam waktu dekat. Setelah itu, pembangunan tol berlanjut menuju Sukabumi.

Kendati demikian ia menilai rencana ini masih menemui sejumlah hambatan. Salah satunya adalah struktur bentuk tanahnya yang tidak merata. Sehingga, membutuhkan waktu yang agak lama untuk pengerjaannya.

"Problemnya sulit di tanah dari Ciawi ke Lido. Kalau Lido yang ke Sukabumi butuh waktu," lanjutnya singkat.

Investasi tol ini sebesar Rp 78 triliun. Rencananya, pembangunan tol ini dimulai dari Simpang Susun tol luar Ciawi sampai Caringin Sukabumi dengan perkiraan panjang jalan tol tersebut sepanjang 54 kilometer. 

Bupati Sukabumi, Sukmawijaya berharap pembangunan jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dapat segera terselesaikan. Ia mengatakan tol ini akan memberi dampak yang signifikan bagi pengembangan perekonomian di wilayah Bogor Selatan dan Kabupaten Sukabumi.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA