Jokowi-JK Unggul di Selandia Baru
Jumat , 11 Jul 2014, 11:51 WIB
Agung Supriyanto/Republika
Joko Widodo memberikan pidatonya kepada ribuan pendukungnya di Tugu Proklamasi, Jakarta, Rabu (9/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sementara mengungguli Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dalam perolehan suara di Selandia Baru.

Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) KBRI Wellington Budi S Putra menyebut, pemilih yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) seluruh Selandia Baru sebanyak 3.369 orang.

Sebagian besar dari mereka melakukan pemilihan melalui pos.

Hasil penghitungan dari 623 surat suara per pos tahap pertama oleh PPLN Wellington menyebutkan, pasangan Jokowi-JK mendapat 512 suara. Sedangkan Prabowo-Hatta 100, dan 11 suara tidak sah.

Penghitungan tahap selanjutnya, katanya, akan dilangsungkan pada Jumat malam.

Sementara Ketua PPLN Wellington Ridwan menambahkan dari hasil penghitungan 231 surat suara yang dikirimkan di drop box, Jokowi-JK meraih 206 suara. Sedangkan Prabowo-Hatta 24 suara dan satu suara tidak sah.

Sementara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di KBRI Wellington, dari 159 surat suara yang dihitung, Jokowi-JK mengantongi 135 suara. Sedangkan Prabowo-Hatta memperoleh 23 suara, dan satu suara tidak sah.

Untuk TPSLN dan drop box Auckland, dari 390 surat suara yang dihitung, Jokowi-JK memperoleh 341 suara. Sedangkan Prabowo-Hatta 47 suara, dan dua surat suara tidak sah.

Dengan demikian, dari total sementara 1.013 surat suara yang telah dihitung di wilayah PPLN Wellington per 10 Juli 2014, Jokowi-JK memperoleh 853 suara (84,21 persen). Sedangkan Prabowo-Hatta 147 suara (14,51 persen), dan 13 suara (1,28 persen) tidak sah.

Redaktur : Mansyur Faqih
Sumber : antara
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar