Selasa 08 Jul 2014 15:26 WIB

Setelah Obor Rakyat, Tabloid yang Sudutkan Jokowi Muncul Lagi

Taboid Sapujagat
Foto: Bowo S Pribadi/Republika
Taboid Sapujagat

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG-- Tabloid Sapujagat terbitan Surabaya yang mendiskreditkan pasangan Calon Presiden Joko Widodo beredar di masyarakat Kabupaten Temanggung pada masa tenang menjelang pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014.

"Hari ini kami mendapatkan laporan dari tim kampanye pasangan calon Presiden dan wakil Presiden Jokowi-JK Kabupaten Temanggung bahwa ada tabloid tertentu yang secara garis besar mendiskreditkan pasangan calon tertentu," kata anggota Panwaslu kabupaten temanggung, Ferry Baihaqi di Temanggung, Selasa.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan tersebut Panwaslu Kabupaten Temanggung telah mengkaji, melihat, dan membaca tabloid dengan 16 halaman tersebut. Peredaran tabloid tersebut diindikasikan mendiskreditkan pasangan calon tertentu, namun demikian ia tidak bisa menindaklanjuti dengan ranah hukum karena tidak disebutkan pelapor maupun terlapor secara jelas.

Berdasarkan hasil musyawarah dan kajian ketua dan anggota Panwaslu Kabupaten Temanggung, lanjutnya, maka peredaran tabloid itu dinstruksikan kepada jajaran pengawas di tingkat kecamatan dan desa serta relawan pengawasan apabila menemukan tabloid dimaksud supaya diamankan di kantor masing-masing.

Berdasarkan laporan tim kampanye Jokowi-JK, katanya, tabloid tersebut beredar di wilayah Kelurahan Sroyo, Kecamatan Temanggung. Tabloid tersebut diletakkan di depan rumah warga pada Senin (7/7) malam. Ia mengatakan, saat ini Panwaslu mengamankan lima eksemplar tabloid Sapujagad.

Dimungkinkan peredarannya cukup banyak di Temanggung, karena dari Panwas Kedu juga melaporkan temuan beredarnya tabloid tersebut di Dusun Sono, Desa Danurejo. "Berdasarkan laporan tersebut kemudian ada tindak lanjut tepat dan cepat agar tidak merugikan salah satu pasangan calon. Tabloid itu ditarik dan diamankan supaya tidak dibaca masyarakat," katanya.

Tabloid berbanderol Rp6.000 per eksemplar tersebut diterbitkan PT Sapujagat dengan Direktur Abdul jalil Latuconsina dan Arief Rohman, Pemimpin Umum Abdul Jalil, Wakil Pemimpin Umum Lutfil Hakim, dan Pemimpin Redaksi Arief Rohman. Alamat Kantor Redaksi Jalan Makam Peneleh nomor 39 Surabaya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement