Selasa 08 Jul 2014 12:32 WIB

kesehatan- Proteksi Plus Nutrisi Terbaik untuk Kulit

Red:

Banyak perempuan mengira kulitnya tak membutuhkan perlindungan saat di rumah. Mereka pikir, kulit baru akan bermasalah jika keluar rumah tanpa melindungi kulitnya. Sinar ultraviolet B yang bisa membuat kulit berkerut memang cuma ada di luar ruangan. Akan tetapi, di dalam ruangan pun ultraviolet A yang dipancarkan matahari masih mampu memengaruhi kulit. Radiasinya tak terfilter kaca rumah dan dapat masuk meresap ke dalam kulit.

Ultraviolet A terkenal sebagai penyebab kerusakan kulit secara umum. Radiasi inilah yang membuat kulit menjadi tanning, kecokelatan. "Pigmentasi juga bisa terjadi meski seharian berada di rumah," ucap dr Nanang Masrani yang menempuh pendidikan diploma dari American Academy of Aesthetic Medicine.

Selain itu, ketika berbincang tentang kesehatan kulitnya, perempuan juga kerap terfokus dengan perawatan kulit wajah. Demi kecantikan kulitnya, sebagian besar perempuan memiliki "ritual" khusus mulai dari bangun tidur hingga menjelang kembali ke peraduan. Kecenderungan tersebut ada pada 63 persen perempuan.

Mayoritas perempuan menganggap perawatan kulit wajah penting lantaran muka paling dulu dilihat orang. Kulit tubuh tak terlalu mendapat perhatian karena tertutup pakaian. Dengan kurangnya perawatan, tak heran jika kulit tangan perempuan lebih cepat menua ketimbang kulit wajah yang mendapatkan pelembab dan tabir surya secara teratur.

Secara keseluruhan, kulit membutuhkan perawatan yang tepat. Selain melindungi kulit, memberikan nutrisi untuk kulit juga penting. "Kulit putih dan cerah saja belum tentu sehat," tutur Nanang dalam Nivea Skinversation "All Day All Night", Ahad (22/6), di Jakarta.

Perawatan kulit sebaiknya dilakukan 30 menit sebelum beraktivitas. Usahakan memberikan perlindungan untuk kulit dari paparan zat yang membuatnya menjadi tidak sehat dan kusam. Sinar ultraviolet, debu, maupun polusi udara lainnya mesti ditangkal. "Biasakan menggunakan lotion yang mengandung tabir surya dan pelembab setiap hari sebelum beraktivitas, bukan hanya sebelum keluar rumah," saran Nanang.

Sementara itu, waktu terbaik untuk menutrisi kulit ada pada malam hari. Pada malam hari kulit mengeluarkan hormon pertumbuhan yang berguna untuk regenerasi sel-sel kulit yang rusak. Proses pelepasan sel kulit mati menjadi sangat aktif. Di saat yang bersamaan, pembaruan sel berlangsung dua kali lebih aktif. "Sepanjang malam, aliran darah ke kulit juga meningkat," papar Nanang.

Kenyataannya, hanya 30 persen perempuan yang merawat tubuhnya sebelum tidur. Sebagian besar masih mengaplikasikan krim malam untuk wajahnya, tapi melewatkan 81 persen kulit di bagian tubuh lainnya. "Perempuan berlaku seperti itu karena ketidaktahuannya akan pentingnya perawatan kulit di malam hari," kata Nanang.

Kendati ada peran hormon, perbaikan kulit tak akan berjalan mulus tanpa asupan nutrisi yang cukup. Perlu bahan baku untuk membuat kulit dapat meregenerasi sel-selnya. "Perlu diketahui, proses yang berlangsung pada malam hari tersebut membuat kandungan air pada kulit menghilang 25 persen lebih banyak ketimbang sepanjang siang," jelas Nanang.

Kelembaban kulit menurun pada malam hari. Padahal, saat itu kulit bekerja keras untuk regenerasi sel. Kondisi itu membuat kulit membutuhkan pelembab sepanjang malam. Sejalan dengan itu, tingkat penyerapan mineral di kulit juga tengah meningkat 25 persen. Gunakan pelembab yang mengandung vitamin C atau serum sebelum tidur agar proses regenerasi sel kulit berlangsung lebih baik, kelembaban kulit terjaga, dan kecerahan kulit terkoreksi. "Jadi, jangan lewatkan kesempatan memberikan nutrisi bagi kulit pada malam hari," ujar Nanang.

***

Serum untuk Kulit

Banyak perempuan yang enggan mengaplikasikan pelembab menjelang tidur karena merasa tak nyaman dengan lengketnya pelembab. Untuk mereka, Nanang merekomendasikan penggunaan pelembab berbahan dasar air. "Pelembab yang berbahan dasar air dapat menyerap tak sampai tiga menit."

Bagi yang menginginkan perbaikan kondisi kulitnya lebih optimal, rekomendasi berikutnya dari Nanang ialah penggunaan pelembab yang mengandung zat aktif yang bermanfaat untuk memperbaiki struktur kulit, mempertahankan keindahan kulit, sekaligus mencerahkannya. Serum lotion sangat baik untuk dioleskan ke kulit tubuh pada malam hari. Serum dengan kandungan nutrisi konsentrat tinggi memiliki efek penetrasi yang lebih baik ke dalam kulit. "Serum bekerja 10 kali lipat lebih baik dibanding sediaan krim," ungkap Nanang dalam peluncuran Nivea Night Whitening Body Serum.

Pelembab yang mengandung serum bekerja sampai ke bagian kulit yang lebih dalam ketimbang pelembab biasa. Selain menjaga kecukupan hidrasi dan makanan bergizi seimbang, kulit memerlukan tambahan asupan vitamin dan nutrisi lainnya dari luar tubuh. "Dengan begitu, proses regenerasi kulit dapat berjalan lebih optimal," kata Nanang yang konsultan kecantikan. ed: reiny dwinanda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement