Senin 07 Jul 2014 22:58 WIB

Jokowi Jadi Trending Topik Dunia

Kampanye Jokowi di Lapangan Monumen Bandung Lautan Api (BLA) Kota Bandung, Kamis (3/6).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Kampanye Jokowi di Lapangan Monumen Bandung Lautan Api (BLA) Kota Bandung, Kamis (3/6).

 JAKARTA-- Popularitas pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla di sosial media semakin tinggi. Di Twitter, hastag #AnakMudaPilihJokowiJk menempati posisi teratas.

Sementara, #KalemPilihJokowi hingga Senin (7/7) malam menempati trending topic urutan kelima. “Fakta ini menunjukkan bahwa Jokowi semakin diterima oleh anak-anak muda,” kata peneliti muda dari Populis Intitute David Krisna Alka, Senin (7/7) malam.

Apalagi setelah para relawan menggelar konser “Salam Dua Jari” di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu 5 Juli. “Siapa pun tak ada yang bisa membantah konser tersebut dihadiri banyak anak muda,” kata David.

Jose Rizal dari Politicawave menjelaskan di kalangan para netizen, Jokowi memang favorit mereka. Dia mengungkapkan, posisi Jokowi unggul (53,8 persen), sedangkan Prabowo 46,2 persen. Itu artinya, kata Jose kepada Metro TV, Jokowi-lah yang paling banyak dibicarakan para netizen.

Jose mengatakan, para netizen adalah kaum terdidik dan mereka punya pengaruh tidak saja di dunia maya, tapi juga di dunia nyata. Dia tak memungkiri bahwa konser Salam Dua Jari di GBK punya pengaruh yang signifikan terhadap popularitas Jokowi di dunia maya.

Periset dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Fitri Hari saat konferensi pers di kantor LSI Network, Jakarta, Senin (7/7) menjelaskan, hasil analisis survei nasional Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network mencatat terjadi kebangkitan kembali elektabilitas pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Jusuf Kalla, salah satunya dari gerakan #AkhirnyaMemilihJokowi yang ramai di sosial media menjelang kampanye berakhir.

Menurut Fitri, kampanye yang melibatkan endorsement tokoh-tokoh berintegritas tinggi, artis, dan selebritis di sosial media dengan gerakan #AkhirnyaMemilihJokowi itu mampu mendongkrak dukungan Jokowi-JK di segmen pemilih menengah atas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement