Senin 07 Jul 2014 12:00 WIB

Jangan Ada Siswa Titipan

Red:

JAMBI — Sistem online penerimaan peserta didik baru (PPDB) diberlakukan untuk transparansi. Karena itu, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Katamso mengingatkan agar tidak ada siswa titipan dalam pelaksanaan PPDB di daerahnya.

Katamso mengatakan, belum ditemukan kendala dan kejanggalan pada PPDB yang telah dibuka sejak 7 Juli hingga akhir pekan lalu. Karena itu, ia meminta agar pihak sekolah transparan dalam PPDB. "Jangan sampai ada siswa titipan agar bisa diterima di sekolah tertentu," katanya, Sabtu (6/7).

Katamso mengatakan, ia telah memantau pelaksanaan PPDB di sejumlah sekolah di Kota Kuala Tungkal, seperti di SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, dan SMKN 1, pada Kamis (4/7). Berdasarkan pantauan di empat sekolah tersebut, peserta yang mendaftar untuk dua sekolah, yakni SMAN 1 dan SMKN 2, sudah melebihi daya tampung sekolah.

Sehingga, ia mengungkapkan, sekolah harus mengumumkan siswa yang diterima berdasarkan Nilai Ebtanas Murni (NEM) yang sesuai. "Bila perlu, setiap hari diumumkan siswa yang diterima dengan nilai tertinggi sehingga masyarakat tahu batas ambang nilai yang diterima pihak sekolah," ujarmya.

Menurut Katamso, masyarakat juga harus jeli memasukan anaknya ke sekolah, jangan terpancing hanya untuk masuk ke sekolah unggulan. Sebab, jumlah siswa yang diterima di sekolah unggulan disesuaikan dengan daya tamping.

Selain itu, kata Katamso, masih banyak sekolah negeri lainnya yang kualitas pendidikannya sudah cukup baik. Pemerintah, ia mengungkapkan, tiap tahun sudah melakukan pemerataan pendidikan. Di samping itu, insfratruktur pendidikan di setiap sekolah juga selalu diperbaiki. "Jadi, jangan terpaku untuk masuk ke sekolah unggulan saja, masih banyak sekolah lain yang kualitasnya sama dengan sekolah unggulan," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Tanjabar Wahidin menyebutkan pihaknya akan terus mengawasi pelaksanaan PPDB hingga pengumuman pada 10 Juli. Ia menyatakan, khusus untuk siswa yang mendaftar dan domisilinya berada di lingkungan sekolah, sekolah wajib menerimanya meski nilai siswa tersebut rendah. "Ada aturan pusat yang menyebut siswa di lingkungan sekolah harus diakomodir, selain itu ada juga jalur-jalur lainnya dalam PPDB tahun ini, seperti jalur prestasi diluar prestasi akademik."  antara ed: ratna puspita

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement