Senin 07 Jul 2014 12:00 WIB
klinika

Bidan Delima Percepat Capaian KB

Red:

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bekerja sama dengan PT Bayer Indonesia menggelar roadshow Pemantapan Program Bidan Delima serta Revitalisasi Program KB 2014. Peran bidan penting untuk mencapai target keluarga berencana (KB).

Bidan diberdayakan karena 63 persen dari 4,6 juta kelahiran per tahun di Indonesia ditangani para tenaga medis ini.

"Selain itu, 76,6 persen pelayanan KB dilakukan bidan," ujar Ketua Umum PP IBI dr Emi Nurjasmi, MKes.

Sebagai organisasi profesi yang membawahi 225 ribu bidan di Indonesia, IBI mewujudkan bidan profesional berstandar global. Bidan sebagai tenaga kesehatan profesional bekerja sebagai mitra masyarakat, khususnya keluarga sebagai unit terkecilnya.

"Revitalisasi program KB merupakan pokok penting yang kami dukung," katanya. Untuk itu, IBI berkesinambungan mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian para bidan dalam program KB melalui roadshow Program Bidan Delima berupa seminar.

Roadshow tahun ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan. Sebanyak 40 kabupaten/kota di 16 provinsi dipilih menjadi daerah tujuan. Di kota tujuan, IBI mengumpulkan 2.000 fasilitator dan bidan Delima pada Maret-Juni 2014.

Senior Bayer Representative of Bayer Indonesia, Ashraf al-Ouf, mengemukakan, Bayer HealthCare Pharmaceutical bekerja sama dengan organisasi kesehatan, termasuk IBI mendukung program KB.  rep:Indah wulandari ed:khoirul azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement