Ahad 06 Jul 2014 20:55 WIB

Daimler Kembangkan Truk Tanpa Sopir

Rep: cr01/ Red: Maman Sudiaman
Perakitan mesin di Daimler, Jerman
Foto: siteselection.com
Perakitan mesin di Daimler, Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, JERMAN -- Pengembangan teknologi mobil tanpa kemudi bukan hanya miliknya kendaraan penumpang. Produsen otomotif asal Jerman Daimler kini juga tengah mengembangkan truk Mercedes-Benz mereka agar bisa mengemudi sendiri untuk model truk tahun 2025.

Seperti yang diberitakan New York Times dari Big Think, Ahad (6/7), perusahaan baru-baru ini bahkan sudah mengenalkan prototipe truk kendali otomatis tersebut di Autobahn, Magdeburg. Truk ini mampu bereraksi terhadap lalu lintas dan mengemudikan sendiri badannya dengan kecepatan hingga 85 kilomter per jam (52 mph). Namun sang sopir tetap bisa mengambil kendali dalam keadaan darurat, mirip dengan sebuah pesawat yang dihidup dan dimatikan lewat autopilot.

Mobil tanpa kemudi merupakan bagi dari mimpi masa depan yang tengah dikembangkan saat ini. Daimler bukan satu-satunya perusahaan yang mengembangkan teknologi ini. Google dan Volvo sebelumnya sudah menguji teknologi ini.

Meski begitu, beberapa produsen otomotif asal Amerika sudah tidak lagi terlalu tertarik dengan prospek otonomos ini. Masih butuh waktu lama untuk membuktikan kesuksesannya. Apalagi pengembangan teknologi tanpa kemudi bisa jadi menggunakan teknologi QR Codes atau Cinerama yang memberikan ketidaknyamanan bagi penggunanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement