Sabtu 05 Jul 2014 21:49 WIB

Jokowi: Pemerintah Harus Siapkan Pasar untuk Petani

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pasangan Peserta Pemilu Presiden 2014 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla saling menyapa sebelum Debat Capres-Cawapres di Jakarta, Senin (9/6). Debat pertama tersebut mengambil tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Yang Bersih dan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, pemerintah harus menyiapkan pasar untuk mendistribusikan produk-produk pertanian. Kalau pasarnya disiapkan, pria yang akrab disapa Jokowi itu yakin,  produksi pangan akan meningkat.

"Petani kita asal diberi bibit pasti bisa berproduksi. Persoalannya pemerintah tidak pernah menyiapkan pasar untuk mereka," ujar Jokowi dalam debat kandidat putaran terakhir yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (5/7).

Jokowi menilai, hingga saat ini teknologi pasca panen belum banyak menyentuh petani. Padahal, jika itu dilakukan, bisa menaikkan harga jual. Misalnya, kata dia, apabila pemerintah meminta petani menanam semangka, maka seharusnya pemerintah juga menyiapkan pabrik pengolahan semangka yang produknya bisa dijual di pasar internasional.

"Industri pengolahan pasca panen ini bertahun-tahun tidak pernah dilihat. Padahal petani kita siap, tanah subur, pakar ada. Tinggal kemauannya saja," ujar capres yang diusung poros koalisi PDIP tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement