Sabtu 05 Jul 2014 16:00 WIB
resensi buku

Mempermudah Jalan Menuju Kesucian

Red: operator

Manusia terdiri dari jasad dan ruh. Jasad menampilkan wajah fisik dan jasmani manusia. Ruh atau nyawa adalah bagian lain tubuh manusia yang tidak dapat dipandang dengan mata telanjang.

Bicara tentang fungsi dan potensi ruh, ada yang disebut fitrah, nafs, dan qalb. Fitrah dapat dipahami sebagai hal atau sifat kejadian dan penciptaan manusia sejak awal.

Sementara nafs dapat dimaknai sebagai sifat atau diri manusia yang memiliki potensi baik dan buruk. Qalb

dapat dipahami sebagai wadah dari pengajaran, kasih sayang, rasa takut, dan keimanan.

 

Ruh, fitrah, nafs, dan qalb merupakan empat potensi dasar manusia yang dapat dimaksimalkan untuk mengenal, mendekati, dan bersahabat dengan Allah SWT. Buku kompilasi ceramah tasawuf/tazkiyatun nafs di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta, tahun 2012-2013 ini merupakan sebuah upaya mendekati Allah dengan memanfaatkan potensi-potensi tersebut secara maksimal.

Pendekatan sufistik yang digunakan penulisnya dalam buku ini dapat dijadikan sebagai metode atau jalan untuk mendekati Allah. Kita berasal dari Allah dan tentu hanya kepada-Nya kita kembali. Kompilasi tulisan ini diharapkan dapat mempermudah jalan bagi para pembaca menuju kesucian.

Secara keseluruhan, buku ini terdiri dari 80 tulisan dan dibagi menjadi 10 bagian. Dimulai dengan Allah sebagai tujuan hidup, kemudian makna tasawuf, menempa diri dengan ilmu pengetahuan, ketika penyakit hati melanda, dan menghiasi diri dengan akhlak manusia.

Selanjutnya, jalan pe nyucian diri, muhasabah diri, belajar dari para ulama, khalwat, dan husnul khatimah. Para penulis buku ini merupakan narasumber yang otoritatif di bidangnya. rep:irwan kelana

Judul          : Jalan Menuju Kesucian 2012-2013

Editor         : Dr H Fathurin Zein SH MSi, Dr Sutrisno Muslimin MSi, Rahmawati Sag

Penerbit     : Masjid Agung Sunda Kelapa

Cetakan     : I, Juni 2014

Tebal         : xix+354 hlm

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement