Jumat 04 Jul 2014 19:28 WIB

Melihat Media Sosial, Jokowi-JK Diperkirakan Menang Pemilu

Sejumlah anggota komunitas street art membuat mural dukungan kepada pasangan capres Jokowi-JK di beberapa titik di Yogyakarta, Jumat (4/7).
Foto: antara
Sejumlah anggota komunitas street art membuat mural dukungan kepada pasangan capres Jokowi-JK di beberapa titik di Yogyakarta, Jumat (4/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemantau jejaring sosial Katapedia Indonesia memperkirakan, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) akan memenangi pilpres 9 Juli.

"Berdasarkan data 10 hari terakhir di media sosial twitter, Jokowi-JK dibicararakan sebanyak 770.491, sedangkan Prabowo-Hatta sebanyak 709.294," ujar Direktur Katapedia Deddy Rahman di Jakarta, Jumat (4/7).

Menurutnya, angka tersebut menunjukkan, Jokowi-JK meraih 52,07 persen. Sementara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebanyak 47,93 persen.

Selain menggunakan alat dari Katapedia, Deddy mengatakan, juga menggunakan teknologi Topsy sebagai pembanding.

"Teknologi Topsy menunjukkan angka 59,6 persen untuk Jokowi-JK dan 40,4 persen untuk Prabowo-Hatta. Itu hasil pemantauan 30 hari terakhir," jelas dia.

Topsy adalah lembaga internasional pemantau jejaring sosial. "Kemenangan di media sosial adalah refleksi kemenangan di dunia nyata."

Deddy menambahkan, terdapat dua kesimpulan dari tingginya persentase Jokowi-JK. Yakni pendukung Jokowi-JK lebih serius dalam menggunakan media sosial sebagai media kampanye yang efektif dan efesien.

"Berdasarkan data di media sosial, Jokowi-JK mempunyai peluang besar untuk menang," tukas dia.

Menurutnya, penggunaan media sosial sebagai alat kampanye bukan yang pertama. Presiden Amerika Serikat Barrack Obama menang pemilu karena menggunakan media sosial.

Di Indonesia pun, para kepala daerah pun tak terlepas dari peranan sosial media. Seperti kemenangan Jokowi-Ahok di DKI Jakarta, Alex Noerdin-Ishak Mekki di Sumatra Selatan dan Ridwan Kamil-Oded Danial di Bandung. 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement