Jumat 04 Jul 2014 16:00 WIB
samba 2014

Cedera Hantui Laga Perempat Final

Red:

RIO DE JANEIRO -- Perhelatan final PIala Dunia 2014 telah memasuki babak perempat final. Delapan tim dari dua benua, yaitu Amerika dan Eropa akan saling unjuk gigi untuk mengamankan empat tiket pada babak semifinal.

Sayang, keinginan mereka untuk bisa bermain optimal akan sedikit terkendala. Hal itu dikarenakan terdapat pemain inti dari beberapa tim yang masih dibekap cedera. Bahkan, ada juga yang telah dipastikan absen hingga turnamen empat tahunan ini usai.

Salah satu nama yang telah dipastikan tidak akan kembali merumput di Piala Dunia tahun ini adalah gelandang bertahan Belanda Nigel de Jong. Pemain AC Milan ini mengalami cedera paha saat Belanda menaklukan Meksiko 2-1 pada fase 16 besar. Dalam laga itu, De Jong hanya sempat bermain selama sembilan menit. Setelah itu, posisinya digantikan Bruno Martins Indi.

Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) memastikan bahwa De Jong tak akan bisa berkiprah di Brasil sampai turnamen berakhir. Cedera robek otot membuat dia bakal lama menghuni bangku medis.

"Kemungkinan besar, dia akan absen selama dua hingga empat pekan mendatang. Saat ini, dia tengah menjalani perawatan bersama tim medis kami," tulis pernyataan resmi KNVB, dikutip the Guardian, Rabu (2/7).

Selain De Jong, bomber De Oranje Robin van Persie juga dikabarkan mengalami cedera. Pada laman Dailymail, penyerang Manchester United ini disebut menderita cedera paha setelah melakukan sesi latihan yang cukup berat. Sebelum jadwal latihan usai, Van Persie harus meninggalkan lapangan terlebih dahulu dengan perban yang membalut pahanya.

Pada kubu lawan, Kosta Rika masih belum memastikan kiper utama mereka, Keylor Navas, untuk tampil di perempat final. Tim medis yang memeriksa Navas menyebutkan bahwa penjaga gawang Levante itu belum memperlihatkan kondisi badan yang fit.

Navas mengalami cedera bahu setelah menahan sebuah serangan Yunani pada menit-menit akhir waktu normal. Akibat dipaksakan terus bermain pada babak perpanjangan karena jatah pergantian pemain sudah habis, cedera Navas semakin parah. Penjaga gawang berusia 27 tahun itu bahkan absen pada latihan yang digelar pada Rabu (2/7) pagi WIB.

"Kami harus berhati-hati dan terus memantaunya (Navas—Red)," ujar dokter tim Kosta Rika, Erick Sanchez. "Kami memilih untuk menjaganya dan membiarkannya istirahat, sehingga ia bisa bermain pada Sabtu nanti," tambahnya.

Jika Navas sampai absen melawan Belanda maka hal itu akan semakin menambah penderitaan Kosta Rika. Hal itu disebabkan bek Roy Miller sudah dipastikan absen karena cedera otot kaki. Sedangkan, bek lainnya, Oscar Duarte, terkena hukuman larangan bertanding karena terkena kartu merah.

Serupa dengan Nigel de Jong. Bek kanan Jerman Shkodran Mustafi dipastikan bakal kehilangan pertandingan hingga Piala Dunia 2014 usai. Mustafi mengalami cedera robek serat otot ketika melakoni laga kontra Aljazair pada babak 16 besar. Hal ini dipastikan pelatih Jerman Joachim Loew. Pelatih 54 tahun ini mengatakan, telah menyiapkan pemain untuk menggantikan Mustafi untuk memperkuat barisan pertahanan.

Sementara itu, dari kubu tuan rumah, Neymar yang sempat dibekap cedera paha dan lutut usai pertandingan melawan Cile, dikabarkan akan kembali merumput pada babak perempat final melawan Kolombia. Meskipun dalam sesi latihan terakhir striker Barcelona itu masih memakai perban pada lututunya, pelatih Felipe Scolari meyakinkan jika pemain berusia 22 tahun itu akan siap pada waktunya.

"Kami telah berusaha untuk memberikan segala bentuk penyembuhan untuk dia (Neymar—Red). Kami yakin, dia akan bisa kembali ke lapangan saat Brasil bertemu dengan Kolombia," kata Scolari.

rep:c56 ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement