Jumat 04 Jul 2014 16:00 WIB
fitur

Tri Optimalkan Jaringan

Red:

Operator GSM yang dikelola PT Hutchison 3 Indonesia 3 (Tri) mengoptimalkan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik menjelang Ramadhan dan Hari Raya.

"Jaringan telah siap untuk melayani pelanggan, terutama di jalur utama mudik dan kota tujuan mudik," ujar Chief Technology Officer Tri Randeep Singh Sekhon.

Komunikasi melalui internet, telepon, dan SMS, menurutnya, merupakan pola komunikasi pilihan masyarakat untuk menjalin silaturahim serta memberikan ucapan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya. Jaringan Tri pun telah dipersiapkan untuk menampung lonjakan trafik telepon, SMS, dan internet hingga dua kali lipat.

 

Selama tujuh tahun beroperasi, Tri telah melewati masa Ramadhan dan Lebaran dengan memberikan layanan terbaik dan kenyamanan kepada pelanggan. Jaringan Tri mendukung untuk lonjakan panggilan, trafik SMS, dan data yang terjadi pada tahun tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, imbuh Randeep, pelanggan Tri dapat berkomunikasi dan mengakses internet dengan nyaman selama Ramadhan hingga Lebaran.

 

Randeep menambahkan, rata-rata kenaikan trafik voice, SMS, dan data meningkat 30 persen pada Lebaran tahun lalu. Peningkatan trafik terjadi mulai H-7 hingga H+7 dan puncaknya pada H-1 dan hari H. Ia memperkirakan, pola peningkatan trafik Lebaran tahun ini kurang lebih akan sama.

 

"Kapasitas jaringan Tri saat ini masih memadai. Bahkan, mampu mengatasi kenaikan trafik SMS pada jam-jam sibuk," ujarnya. Untuk trafik data, Tri telah meningkatkan kapasitas hingga 50  persen dari trafik normal pada hari biasa. Selain itu, 70 persen dari total Node B Tri memiliki kapasitas 42 Mbps yang dapat mengantarkan akses internet cepat. rep:indah wulandari ed:khoirul azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement