Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

rehal

Memahami Tanda-tanda Kiamat

Jumat 04 Jul 2014 12:00 WIB

Red:

Kiamat adalah peristiwa dahsyat yang sangat rahasia dan misterius, namun pasti akan terjadi. Alquran dan hadis tidak mematok secara pasti kapan kiamat itu akan terjadi, namun keduanya membeberkan banyak tanda sebagai pintu awal terjadi malapetaka dan fitnah kiamat tersebut.

Buku yang ditulis oleh pakar tafsir dan ulama besar Ibnu Katsir ini menjelaskan secara detail bagaimana malapetaka dan fitnah akhir zaman bergelindingan di alam raya. Dalam buku ini dipaparkan berbagai tanda, malapetaka, maupun huru hara akhir zaman itu akan terjadi.

Penulis mengawali bukunya dengan  menyebutkan peristiwa-peristiwa yang diisyaratkan oleh Rasulullah SAW, misalnya Abu Bakar akan menjadi Khalifah, kaum Muslimin akan menaklukkan Mesir, Umar akan mati terbunuh, tragedi yang menimpa Utsman, kekhalifahan pascawafatnya Nabi 30 tahun, dan Allah akan mendamaikan dua kelompok kaum Muslimin melalui al-Hasan.

Pada bab-bab berikutnya, penulis membahas peristiwa-peristiwa masa depan yang dikabarkan Rasulullah SAW serta fitnah dan kerusakan akhir zaman. Penulis juga menegaskan pada akhir zaman, fitnah yang sudah terjadi dan akan semakin merajalela pada akhir zaman, dan bumi Arab akan mengeluarkan kekayaan melimpah hingga menyebabkan peperangan. 

Berikutnya, penulis mengupas tanda-tanda kiamat. Salah satunya, yakni hadis Rasulullah SAW tentang sepuluh tanda sebelum kiamat terjadi. "Kiamat tak akan terjadi sampai kalian melihat sepuluh tanda: membumbungnya asap, munculnya Dajjal, berkeliarannya hewan melata, matahari terbit dari arah barat, turunnya Isa putra Maryam, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana–di sebelah timur, di sebelah barat, dan di sebelah Jazirah Arab–dan yang terakhir munculnya api dari Yaman yang memaksa manusia berkumpul di Mahsyar mereka." (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Sebanyak enam bab berikutnya membahas Dajjal, fitnah Dajjal, dan ciri-ciri Dajjal. Bab-bab berikutnya mengupas turunnya Isa putra Maryam dari langit dunia ke bumi pada akhir zaman, Ya’juj dan Ma’juj, Ka’bah dihancurkan Duz Suwaiqatain, matahari muncul dari barat, dan berbagai tanda bahwa kiamat akan terjadi dan sudah semakin dekat.

Penulis mengutip Alquran surah al-Anbiyaa ayat 1, yang artinya, "Telah semakin dekat kepada manusia perhitungan amal mereka, sedang mereka dalam keadaan lalai (dengan dunia), berpaling (dari akhirat)." (hlm 135)

Pada 27 bab terakhir, penulis mengupas kejadian kiamat, dimulainya kehidupan akhirat, telaga Muhammad, kedatangan Tuhan untuk mengadili manusia, diperlihatkannya neraka, surga, dan timbangan; manusia dikumpulkan di hadapan Allah dan buku catatan amal; surga dan sifat-sifat penghuni surga, dahsyat dan gelapnya neraka, serta syafaat Rasulullah.

Buku ini sangat perlu dibaca oleh setiap Muslim agar dapat memahami tanda-tanda kiamat dan menyelami bahtera kehidupan akhir zaman yang sangat dahsyat tersebut.  Lebih dari itu, mendorong kita untuk selalu mengintrospeksi diri, bertobat atas segala dosa, dan senantiasa meningkatkan kesalehan ritual maupun kesalehan sosial.rep: irwan kelana ed: hafidz muftisany

Judul       : Malapetaka dan Fitnah Akhir Zaman
Penulis    : Ibnu Kastir
Penerbit   :  Khatulistiwa Press
Cetakan   : I, Juni 2014
Tebal       : xxiv+140 hlm

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA