Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Realisasi Investasi Astra Internasional Baru 40 Persen

Kamis 03 Jul 2014 13:19 WIB

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya

Astra internasional

Astra internasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra Internasional, Tbk menyiapkan belanja modal sebesar Rp 20 triliun untuk tahun ini. Dari jumlah tersebut, baru 40 persen yang terealisasi pada semester I-2014.

Predisen Direktur Astra Internasional Prijono Sugiarto mengatakan, dana yang telah dikeluarkan dipakai untuk menyelesaikan pabrik minyak goreng di Mamuju dan menyelesaikan Tol Mojokerto-Kertosono. "Secara total, tol menghabiskan Rp 3,6 triliun," ujar Prijono baru-baru ini.

Sektor satu Tol Mojokerto-Kertosono ditargetkan selesai dalam beberapa minggu ke depan. Sektor dua rencananya juga akan rampung tahun ini. Tol tersebut memiliki panjang 41 kilometer (km).

Investasi lainnya yakni untuk anak usaha yang bergerak di bidang pertambangan dan batu bara, PT Pamapersada Nusantara (PAMA). "Kami juga tetap investasi di PAMA untuk heavy equipment karena tetap harus bekerja untuk tambang-tambang yang dipercayakan pada kami," ujarnya.

Investasi di outlet otomotif juga terus berlanjut. Ia mengatakan, satu outlet memerlukan biaya paling tidak Rp 50 miliar-Rp 70 miliar. Astra komponen dan Astra autopart juga memerlukan perluasan pabrik. Perluasan dilakukan karena ia melihat industri otomotif masih menjanjikan di masa depan.

Sisa 60 persen dari total investasi akan dibelanjakan pada semester II-2014. Prijono melakukan, Astra tak akan berhenti investasi karena Indonesia harus dibangun bersama melalui investasi. "Investasi menciptakan lapangan kerja. Lapangan kerja kan ujung-ujungnya konsumsi juga," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA