Kamis 03 Jul 2014 10:17 WIB

Tips Bersepeda dengan Aman

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Bersepeda.
Foto: VOA
Bersepeda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda memutuskan keluar rumah dengan bersepeda, pastikan Anda mengikuti aturan dan rambu-rambu jalan untuk tetap aman. 

The Washington State Department of Transportation menawarkan beberapa tips berikut untuk bersepeda sehat, dilansir dari Easy Good Health, Kamis (4/7).

1. Ikuti semua rambu lalu lintas dan arahan. Beloklah langsung hanya jika ke kiri, perhatikan marka jalan dan bersepedalah ke arah yang sama dengan kendaraan-kendaraan lain yang berlalu lintas.

2. Secara rutin, perhatikan kendaraan lain di belakang Anda ketika bersepeda, khususnya ketika ingin berbelok, menanjak, atau menurun. Setiap melakukannya, pastikan posisi kedua tangan Anda berpegangan kuat di stang. 

3. Bersepedalah dengan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Sesuaikan kostum bersepeda Anda ketika musim panas, musim dingin atau musim hujan. Anda tentunya harus selalu rutin mengenakan helm.

4. Jangan pernah memakai headphone atau earphone ketika bersepeda agar Anda selalu bisa mendengar deru mobil dan gangguan yang mungkin saja sewaktu-waktu terjadi.

5. Waspadalah selalu rem tangan sepeda Anda untuk menghindari bahaya di jalan.

6. Ketika bersepeda dimalam hari, pastikan Anda menggunakan lampu reflektor belakang, sehingga pengemudi lain dapat melihat Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement