Rabu 02 Jul 2014 21:26 WIB

KPU Gunakan Perahu Rakyat Distribusi Logistik Pemilu di Sampang

Petugas Kepolisian mengawasi boks berisikan logistik Pemilu Presiden (Pilpres ) di gedung KPU Kota Palembang, Sumsel, Rabu (18/6).
Foto: antara
Petugas Kepolisian mengawasi boks berisikan logistik Pemilu Presiden (Pilpres ) di gedung KPU Kota Palembang, Sumsel, Rabu (18/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPANG -- Komisi Pemilihan Umum akan mendistribusikan logistik Pemilu Presiden 2014 ke Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura, dengan menggunakan perahu rakyat.

"Karena hanya itu transportasi satu-satunya menuju Pulau Mandangin," kata komisioner KPU Sampang, Jawa Timur, Miftahur Rozaq, Rabu.

Kendati menggunakan perahu rakyat, ia memastikan distribusi ke Pulau Mandangin dipastikan aman. Karena jarak tempuh antara Pulau Mandangin dengan wilayah daratan Kabupaten Sampang sangat dekat, yakni hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Di samping itu, perairan di Pulau Mandangin tidak terlalu dalam dan ombak tidak terlalu besar.

Kondisi itu berbeda jauh dengan kondisi kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep, karena di wilayah itu termasuk laut lepas. "Kalau di Mandangin itu kan hanya selat," katanya.

Biasanya, kata dia, distribusi logistik ke Pulau Mandangin sama dengan distribusi logistik ke berbagai wilayah kecamatan lain yang ada di Sampang, bahkan cenderung lebih akhir.

"Kalau pada pemilu legislatif kemarin, kami justru mendistribusikan logistik ke sana itu sehari sebelum hari H pemungutan suara. Karena jaraknya kan memang dekat," katanya.

Pulau Mandangin merupakan satu-satunya kepulauan yang ada di Kabupaten Sampang, yakni masuk Kecamatan Kota Sampang.

Jumlah penduduk di pulau itu sekitar 18 ribu orang lebih dengan jumlah pemilih sebanyak 11.198 orang dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 27 TPS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement