Rabu 02 Jul 2014 13:30 WIB
ibrah

Kekuatan Ikhlas

Red:

Di dalam hadis diceritakan, ketika Allah SWT menciptakan bumi sebagai cikal-bakal hunian manusia, para malaikat takjub karena bola bumi itu bergetar entah berapa skala Richter. Setelah Allah meletakkan gunung sebagai paku bumi, langsung bola bumi itu diam. Malaikat bertanya, "Ya Allah, masih adakah lebih hebat daripada gunung?" Allah menjawab masih ada, yaitu besi. Besi dapat meratakan bukit dan gunung. Setelah itu, malaikat bertanya, "Ya Allah, masih adakah lebih hebat daripada besi?"

Allah pun menjawab, masih ada, yaitu api. Api dapat mencairkan besi. Malaikat bertanya lagi, "Ya Allah, masih adakah yang lebih hebat daripada api?" Dijawab Allah masih ada, yakni air. Air dapat  mematikan api. Setelah itu, malaikat bertanya, masih adakah yang lebih hebat daripada air. Allah kembali menjawab masih ada, yaitu angin. Angin dapat menguapkan air. Malaikat pun terus bertanya, "Masih adakah yang lebih hebat daripada angin?"

Allah menjawab masih ada, yaitu orang-orang yang menyumbang tangan kanannya tidak ketahuan tangan kirinya, yakni orang-orang yang betul-betul ikhlas. Orang-orang ikhlas (mukhlisin) memiliki power atau kekuatan yang luar biasa. Mereka lebih hebat  daripada gunung, besi, api, air, dan angin. Orang-orang ikhlas menjadikan power Tuhan sebagai kekuatannya. Kebanyakan di antara mereka tidak populer di bumi, tetapi amat populer di langit.

Mereka semua merupakan selebritas langit, yang memiliki sahabat-sahabat spiritual yang bekerja dengan caranya sendiri. Jangan sekali-kali memandang enteng orang-orang ikhlas karena para pengawalnya adalah malaikat. Keikhlasan itu terbagi dua. Ada keikhlasan yang diupayakan oleh orang. Dengan kata lain, masih belum menjadikannya sebagai kebiasaan, orangnya disebut mukhlish.

Ada juga keikhlasan yang sudah menjadi habit dan kebiasaan seseorang. Maka orang ini disebut mukhlash, jamaknya mukhlashun. Mukhlish masih terpengaruh oleh faktor eksternal dan sewaktu-waktu masih bisa kemasukan unsur riya.Terutama, saat seseorang menikmati banjir pujian terhadap prestasinya. Orang ini juga masih suka menyebut kebaikan dan prestasinya walaupun dengan niat untuk mendidik. Namun yang kedua, tidak bergeming sedikit pun dengan faktor dari luar.

Bukan dia yang berusaha untuk ikhlas, melainkan Tuhan yang proaktif untuk mengikhlaskannya. Kalau dipuji, dia bersedih dan dalam hati mengatakan, "Ampuni mereka, ya Allah karena bukan aku yang pantas untuk dipuji karena semuanya ini karena Engkau dan hanya Engkaulah satu-satunya yang pantas untuk menerima pujian." Begitu hebatnya orang-orang yang mencapai derajat mukhlashun. Iblis pun angkat tangan, tidak sanggup untuk menggoda mereka, seperti firman Allah SWT.

Iblis berkata, "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang ikhlas (al-mukhlasun) di antara mereka." (QS al-Hijr [15]:39-40)

"Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andai kata dia tiada melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih (al-mukhlashun)." (QS Yusuf [12]:24).

Orang yang sudah sampai di tingkat mukhlashin berarti sudah memiliki kemungkinan untuk muncul keajaiban di dalam dirinya sebab tidak mungkin orang itu sampai ke tingkat mukhlashin tanpa kedekatan diri dengan Tuhannya. Hati-hatilah terhadap orang seperti ini karena kalau tersinggung, Tuhannya akan tersinggung. Semoga Ramadhan kali ini membuahkan sikap mukhlash di dalam diri kita. n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement