Rabu 02 Jul 2014 11:24 WIB

Ini Rahasia Ingin Sukses di Piala Dunia Versi Klinsmann

Red: M Akbar
Juergen Klinsmann
Foto: AP Photo
Juergen Klinsmann

REPUBLIKA.CO.ID, SALVADOR -- Amerika Serikat boleh saja tersisih dari babak 16 besar Piala Dunia 2014. Namun sang pelatih, Juergen Klinsmann, punya kiat sukses jika ingin meraih keyajaan di turnamen sepak bola paling akbar di dunia ini.

Mantan striker tim nasional Jerman itu menyebut setiap pemain harus memiliki mental yang kokoh dan siap bertarung untuk merebut kemenangan.

"Kami masih terus dalam proses belajar untuk menghadapi setiap lawan yang punya kekuatan hebat. Saya sendiri tidak tahu perlu berapa tahun untuk berubah meski kami tahu bahwa hal itu perlu dilakukan di masa depan. Tapi yang jelas para pemain harus punya mental yang kokoh," ujarnya.

Klinsmann bersama tim asuhannya akhirnya tersisih dari ajang pesta bola empat tahunan itu. Belgia melaju ke perempat final setelah mengalahkan AS 2-1, lewat babak perpanjangan waktu di Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador, dini hari tadi WIB. Pada waktu normal 2 x 45 menit, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Ia juga meminta agar anak asuhnya jangan lagi menolehkan kepala ke belakang serta menangisi kegagalan. Ia mengatakan sejauh ini masih ada sejumlah tantangan yang siap berada di depan mata, antara lain turnamen Concacaf sebelum 2016, yang mencakup Copa America, dan Olimpiade di Rio de Janeiro pada 2016.

"Kami akan terus mempromosikan dan meningkatkan kualitas para pemain dengan memprogramkan kompetisi dari segala jenjang. Ini jelas pekerjaan yang tidak ringan," katanya sebagaimana dikutip dari AFP.     

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement