Selasa 01 Jul 2014 13:00 WIB
ensiklopedi

ensiklopedi- Tornado

Red:

Tornado merupakan badai terdahsyat atau angin puyuh. Bentuknya menyerupai cerobong udara yang bergulung-gulung dan membumbung tinggi di bawah awan badai. Kolom udara yang membentuk cerobong itu bisa berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

Tornado muncul dalam banyak ukuran. Tapi, umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas pada ujung yang menyentuh bumi dengan bentuk menyempit. Sering pula dikelilingi awan yang membawa puing-puing.

Umumnya, tornado memiliki kecepatan angin 177 kilometer per jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 meter dan menempuh jarak beberapa kilometer lagi sebelum menghilang. Adakalanya, tornado menghasilkan angin berkecepatan 400 kilometer per jam. Tekanan udara di pusat badai itu sangat rendah, sehingga dapat meruntuhkan bangunan. Puting beliung adalah tornado di atas air yang terbentuk jika air terserap ke cerobong udara. Sedangkan, setan debu adalah istilah buat tornado yang mengisap pasir di gurun.  ed: andi nur aminah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement