Selasa 01 Jul 2014 09:15 WIB

Meningkatnya Elektabilitas Dinilai Jadi Alasan Demokrat Dukung Prabowo-Hatta

Hatta Rajasa (kiri) dan Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, Terus meningkatnya elektabilitas pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dinilai menjadi alasan bagi Partai Demokrat untuk memberikan dukungan kepada pasangan nomor urut satu tersebut.

"Inilah yang menjadi sebab Demokrat tak langsung mendukung Prabowo-Hatta di awal-awal pilpres karena ingin memastikan elektabilitas Prabowo yang naik terus dan tak terbendung," kata Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago kepada Republika, Selasa (1/7).

Hal tersebut berbanding terbalik dengan elektabilitas Jokowi yang tidak bergerak. Satu bulan lalu, perbedaan elektabilitas Jokowi dan PRabowo masih jauh berbeda. Namun akhirnya Prabowo-Hatta berhasil mengejar.

Menurut Pangi, inilah gaya politik dan strategi Demokrat. Partainya presiden SBY tersebut sudah mempertimbangkan dan dihitung secaera matang sejak awal. Mereka berkeyakinan Prabowo menang sehingga akhirnya berlabung ke pasangan Prabowo-Hatta. 

"Pada akhirnya, dukungan Demokrat terhadap Prabowo-Hatta sangat besar pengaruhnya pada pemenangan pilpres 2014,"kata Pangi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement