Senin 30 Jun 2014 14:30 WIB

Wamen PU: Jalan Pantura Selesai H-30

Red:

JAKARTA — Kabar baik bagi warga yang ingin mudik Lebaran. Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memprediksi perbaikan maupun pengerjaan jalan pantura di Pulau Jawa bisa tuntas pada akhir Juni 2014. Selama ini, perbaikan jalur utama di Pulau Jawa ini selalu dikeluhkan para pemudik akibat rusaknya jalan dan kemacetan yang ditimbulkan. Apalagi, bila perbaikan jalan belum selesai.

Perbaikan jalan yang dilakukan sepanjang 1.300 kilometer (km) ini dilakukan secara bertahap. Wakil Menteri PU Hermanto Dardak mengatakan bahwa jalan pantura diprediksi beres pada 30 Juni ini.

Penanganan perbaikan jalur pantura dilakukan di beberapa titik yang berbeda. Perbaikan jalan dilakukan dengan menaikkan tinggi jalan, pembetonan, dan pengaspalan. "Pembetonan dan penyemenan kami perkirakan selesai, yang penting seluruh permukaan rata," ujarnya di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Pengerjaan yang dilakukan, yaitu pengaspalan dan pengecoran. Selama ini, katanya, prioritas perbaikan dilakukan pada jalan utama karena akan mengurangi kemacetan. Sisanya pengerjaan pada jalan minor atau sekunder karena nantinya tidak akan mengganggu aktivitas pemudik. Rekonstruksi jalan aspal menggunakan tiga lapis. "Jika baru diselesaikan dua lapis maka sisanya nanti dilakukan setelah Lebaran," katanya.

Menurut Hermanto, untuk jalan yang menggunakan bahan cor, memang tidak banyak dilakukan perbaikan. Namun, jika belum rampung hingga H-30, akan dilakukan pengaspalan untuk pembuatan landasan dan akan diteruskan setelah Lebaran. rep:c76 ed: zaky al hamzah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement