Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Yuks, Pantau Pelaksanaan Pilpres Lewat Aplikasi 'Pantau Pemilu'

Senin 30 Jun 2014 14:17 WIB

Red: Nidia Zuraya

Pantau Pemilu, aplikasi mobile berbasis Android untuk memantau pelaksanaan Pilpres 2014 yang bisa diunduh dari Google Play Store.

Pantau Pemilu, aplikasi mobile berbasis Android untuk memantau pelaksanaan Pilpres 2014 yang bisa diunduh dari Google Play Store.

Foto: googleplaystore

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia teknologi aplikasi saat ini sudah memasuki era mobile application and cloud computing. Bertepatan dengan adanya pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres), PT EBconnection Indonesia (EBconnect) sebagai penyedia jasa IT (Innovative Technology) ikut memberikan kontribusinya berupa hasil karya mereka yang disebut 'Pantau Pemilu'.

Sesuai namanya, Pantau Pemilu adalah sebuah aplikasi mobile yang berbasis Android yang bisa diunduh dari Google Play Store secara gratis sebagai wujud partisipasi EBconnect serta mengajak masyarakat umum untuk berperan aktif dalam menyemarakkan pesta demokrasi yang ada, terutama dalam mengawal proses pemungutan suara yang jujur dan adil.

"Pantau Pemilu kami luncurkan agar kita semua ingat bahwa pemanfaatan aplikasi mobile pada umumnya dan dalam hal ini adalah untuk memantau jalannya Pemilu merupakan sesuatu yang nyata dan bisa menjadi sebuah solusi inovatif dalam menjawab tantangan yang timbul selama ini," papar Chief Technology Officer EBconnect yang juga menjadi leader dari tim pembuat aplikasi Pantau Pemilu, Ikhwani, dalam keterangan tertulisnya kepada ROL, Senin (30/6).

Menurut Ikhwani, aplikasi mobile ini tidak hanya memuat hasil pencatatan suara, namun juga aktivitas lain seperti melaporkan dugaan pelanggaran, polling, survey dan lain-lain. "Semua bisa dilakukan oleh Pantau Pemilu ini dan hasilnya kami komunikasikan melalui dashboard yang berbasis peta,” ujarnya.

Hal senada disampaikan pula oleh Direktur PT EBconnection Indonesia Putranto Yuwono. “Tim kami sudah melakukan kajian yang cukup lama dan mendalam untuk membangun sebuah mobile application secara umum. Guna kemudahan pemanfaatan yang lebih luas, disain aplikasi dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat modular. Modul-modul yang ada pun bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain seperti survey, pendataan, pelaporan proyek dan banyak aktivitas lainnya," tutur Putranto.

Ia berharap dengan adanya aplikasi ini pelaksanaan pemungutan suara pada Pilpres 9 Juli mendatang akan berlangsung jujur dan adil. Maka tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi ini di Google Play Store dan jadilah bagian dari pengawal pemungutan suara yang jujur, adil dan inovatif.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA