Ahad 29 Jun 2014 13:00 WIB

Duel Kolombia-Uruguay Jadi Panggung Milik Rodriguez

Rep: reja irfa widodo/ Red: Citra Listya Rini
James Rodriguez
Foto: Reuters/Eric Gaillard
James Rodriguez

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANIERO -- Dari lima kali keikutsertaan Kolombia di ajang Piala Dunia, Los Cafeteros tidak pernah sekalipun melangkah lebih jauh dari babak 16 besar. Namun, catatan itu berakhir di Piala Dunia 2014.

Kolombia berhasil melangkah ke fase perempat final Piala Dunia usai menyingkirkan Uruguay 2-0 di laga kedua babak perdelapan final, Ahad (29/6) dini hari WIB. Penyerang Kolombia, James Rodriguez, tampil sebagai aktor utama keberhasilan tim besutan Jose Pekerman tersebut.Menghadapi sesama wakil Amerika Selatan, Mario Yepes dan kawan-kawan memang tampil lebih tenang ketimbang lawannya, Uruguay.

Kolombia akhirnya berhasil mengambil kendali permainan lewat besarnya penguasaan bola. Uruguay justru tampil terburu-buru dan malah kerap membuang peluang. Absennya Luis Suarez benar-benar membuat la Celeste kesulitan untuk bisa membangun serangan.

Sebaliknya, Kolombia tampil gemilang lantaran diperkuat pemain andalannya, James Rodriguez. Penyerang AS Monaco itu memborong dua gol sekaligus mengantarkan timnya untuk pertama kali berlaga di babak perempat final. Penyerang berusia 22 tahun itu memulai aksinya pada menit ke-28, lewat sebuah tendangan voli kaki kiri dari luar kotak penalti.

Usai menahan bola dengan dada, Rodriguez langsung berbalik badan dan kemudian melepaskan tendangan voli ke arah pojok kiri gawang Uruguay dari jarak sekitar 19 meter. Upaya Uruguay untuk menyamakan kedudukan kerap gagal. Para pendukung la Celeste di Stadion Maracana malah terdiam saat babak kedua baru berjalan lima menit.

Berawal dari kerjasama apik di lini tengah, Rodriguez berhasil menyelesaikan sebuah serangan cepat dari Kolombia. Mantan pemain FC Porto itu memaksimalkan umpan sundulan Juan Cuadrado. Selain mampu membawa los Cafeteros ke babak perempat final Piala Dunia 2014 dan menyingkirkan Uruguay, dua gol Rodriguez ini juga mengantarkan mantan pemain FC Porto itu sebagai top skorer sementara Brasil 2014 dengan raihan lima gol dari empat laga.

Rodriguez menyebut, laga ini merupakan salah satu laga impiannya. Terlebih bisa mencetak gol di salah satu stadion paling populer di Brasil, Stadion Maracana. Namun, Rodriguez menyebut, keberhasilan ini adalah kesuksesan tim dan Piala Dunia 2014 menjadi torehan manis buat seluruh tim Kolombia.

''Sekarang semuanya akan bertambah sulit buat kami dan kami harus bisa bekerja lebih keras lagi. Tapi, saya yakin, kami bisa terus melangkah,'' kata Rodriguez, yang terpilih sebagai pemain terbaik di laga tersebut, seperti dikutip laman resmi FIFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement