Sabtu 28 Jun 2014 15:36 WIB

Jika Terpilih, JK Perintahkan Menteri Gunakan Produk Dalam Negeri

Rep: C74/ Red: Erik Purnama Putra
JK di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Cawapres nomor urut 2, Jusuf Kalla mengatakan, semua menteri harus menggunakan produk dalam negeri. hal itu terungkap dalam Diskusi Publik di Braja Mustika, Bogor, Sabtu, (28/6), di mana salah satu peserta, Hans Simlamenti menanyakan, visi misi pemerintahan JK dalam meningkatkan produksi dalam negeri.

"Kita tidak memiliki balai pelatihan kerja padahal kita memiliki hampir 50 ribu tenaga kerja untuk industri sepatu," gugat perwakilan industri sepatu Ciomas itu.

JK pun menjawab bahwa balai pelatihan kerja selama ini, sudah diusahakan namun pemerintah daerah seringkali tidak menganggapnya serius. JK juga menyatakan selama ia menjadi wakil presiden periode 2004-2009, seluruh jajaran kementerian harus menggunakan produk dalam negeri.

Karena itu, kalau terpilih, ia akan meneruskan kebijakan itu. Menurut dia, yang perlu diperhatikan tidak hanya meningkatkan produksi industri kreatif dan usaha kecil, tapi juga industri pertanian. Tidak hanya menggunakan pakai dalam negeri, buah-buahan yang disuguhkan oleh pejabat negara maupun daerah harus dari dalam negeri.

"Percaya sama saya, jika kita kasih teladan nanti semua pakai produk dalam negeri," sesumbar JK. Dalam diskusi itu, JK juga menegaskan untuk mensejahterakan sebuah bangsa maka yang harus diperhatikan adalah produktivitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement